5 Kuliner Khas Pontianak

Berkunjung ke Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak tentu nggak akan lengkap tanpa mencoba berbagai makanan khas Pontianak.

Kuliner tradisional Pontianak sangat beragam dengan pengaruh budaya lokal dan pendatang menjadikan makanan tradisional dari Pontianak cukup populer dan diburu oleh para pelancong.

Yuk, intip dan cicipi pilihan makanan tradisional khas Pontianak yang populer berikut:

Makanan Khas Pontianak Favorit

1. Bubur Pedas Khas Pontianak

Makanan Tradisional Khas Pontianak

Sumber gambar: IDNTimes

Bubur adalah panganan yang sering jadi pilihan untuk sarapan. Di Pontianak, terdapat satu bubur khas yang bisa Toppers cicipi. Kuliner khas Pontianak ini termasuk makanan yang populer dan digemari banyak masyarakat.

Terbuat dari bumbu, rempah, dan sayuran seperti daun pakis, daun kesum, dan lainnya, cita rasa dari bubur khas Pontianak yang dikenal dengan nama bubur pedas ini dijamin akan membuatmu ketagihan.

Ditambah taburan kacang goreng dan teri goreng, siapa yang sanggup menolak kuliner tradisional asal Pontianak satu ini.

2. Chai Kwe 

Makanan Tradisional Khas Pontianak

Sumber gambar: Kompas

Berbicara mengenai kuliner tradisional khas dari Pontianak, erat kaitannya dengan berbagai kuliner khas Pontianak yang merupakan hasil akulturasi dengan budaya Tionghoa, salah satunya adalah Chai Kwe.

Chai kwe sendiri merupakan makanan ringan khas Pontianak yang terbuat dari tumisan sayur seperti keladi, kucai, bengkoang, hingga rebung yang dibungkus menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka.

Meskipun makanan khas Pontianak ini lebih sering disajikan dengan cara dikukus, banyak juga yang kerap menyajikannya dengan cara digoreng.

3. Tau Swan

Makanan Tradisional Khas Pontianak

Sumber gambar: Resep Kuliner Nusantara

Kuliner hasil akulturasi budaya Tionghoa di Pontianak lainnya adalah Tau Swan. Makanan khas Pontianak yang kerap dijajakan pada malam hari ini terbuat dari air gula yang dicampurkan kacang kedelai dan potongan kue manis.

Cita rasa dari kuliner khas Pontianak ini sangat manis, sehingga sangat dianjurkan untuk Toppers yang tengah menjaga kadar gula darah untuk menghindari makanan tradisional Pontianak ini.

4. Sotong Pangkong

Makanan Tradisional Khas Pontianak

Sumber gambar: Tribunnews

Makanan khas Pontianak selanjutnya adalah Sotong Pengkong. Sotong Pengkong sendiri memiliki cara pembuatan yang sangat sederhana. Cukup pukul-pukul Sotong Kering hingga dagingnya menjadi emping dan sirami dengan kuah sambal kacang khas Pontianak.

Meskipun sederhana, makanan tradisional khas Pontianak ini memiliki cita rasa unik yang tak ada salahnya dicicipi saat mengunjungi kota yang dilalui garis Khatulistiwa ini.

5. Es Krim Petrus

Makanan Tradisional Khas Pontianak

Sumber gambar: Tribunnews

Makanan asal Pontianak ini mendapatkan namanya dari lokasi dimana kuliner ini dijual, yaitu di depan sekolah Santo Petrus. Kuliner khas Pontianak ini cocok untuk Toppers jadikan dessert setelah puas menyantap makanan khas Pontianak lainnya.

Dengan banyaknya varian rasa seperti vanilla, cokelat, hingga nangka, es krim khas Pontianak ini merupakan es krim homemade lho! Lebih unik lagi, makanan penutup khas Pontianak ini bisa disajikan menggunakan gelas, roti, bahkan menggunakan batok kelapa. Berbagai pilihan topping seperti kacang merah, cincau, agar-agar, hingga cokelat cair juga menyempurnakan rasa kuliner asal Pontianak ini.

 


Oleh : Rizfa Putri Khainayya | Tokopedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.