Yuk Napak Tilas Kemerdekaan di 5 Destinasi Wisata Berikut!

Trippers.id – Merdeka! Merdeka! Merdeka! Tanah air Indonesia tercinta kini sudah menginjak usia ke-75 nih Trippers. Banyak sepak terjang perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu kita. Keringat hingga darah mereka korbankan agar kita hari ini bisa tidur nyenyak tanpa harus merasakan penderitaan dijajah dan berjuang merebut kemerdekaan.
Meski tidak lagi bisa ikut berjuang, setidaknya kini kita masih bisa untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Tepatnya Jakarta dan sekitarnya, kita bisa melakukan perjalanan napak tilas untuk mengenang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kemana saja lokasinya? Langsung saja kita simak!

1. Museum Kebangkitan Nasional

Foto: wego.co.id

Sempat menjadi gedung sekolah STOVIA atau dengan nama lain Sekolah Dokter Bumiputera museum memamerkan diorama-diorama dan gambaran-gamabaran perjuangan pergerakan awal rakyat untuk melawan penjajahan seperti yang ada dalam ruang kesadaran nasional, ruang awal pergerakan nasional, hingga ruang memorial Budi Utomo.
Museum yang berada di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, RT.4/RW.5, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat ini hanya mematok harga tiket masuk yang super murah. Pengunjung dewasa hanya perlu membayar Rp. 2000,- saja sedangkan separuhnya untuk anak-anak.

2. Rumah Djiauw Kie Siong

Foto: potretjabar.com

Rumah bersejarah satu ini berada di Dusun Bojong, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Ketika Soekarno diculik oleh golongan muda untuk mendesak kemerdekaan, di rumah Djiauw Kie Siong inilah diskusi antara golongan tua dan muda terjadi. Rumah yang masih digunakan sebagai rumah pribadi ini akan memamerkan ruangan serta kamar yang digunakan saat perdebatan untuk mendesak kemerdekaan.

3. Monumen Kebulatan Tekad

Foto: faktajabar.com

Masih di wikayah Rengasdengklok, Karawang, Jawa Tengah. Monumen Kebulatan Tekad dulunya secara fungsional digunakan sebagai markas PETA.

Tempat ini adalah lokasi awal untuk membahas perencanaan kemerdekaan, namun karena dianggap markas PETA kurang tertutup, akhirnya golongan muda memutuskan untuk pindah ke kediaman Djiauw Kie Siong.

Monumen yang berada di Jl. Raya R.Dengklok, R.Dengklok Sel., Kec. R.Dengklok, Kabupaten Karawang ini akan menyajikan lukisan timbul tentang proses panjang perjuangan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

4. Lapangan IKADA

Foto: tirto.id

Kalau Trippers pernah melihat rekaman Bung Karno yang sedang berpidato di depan rakyat Indonesia secara masal. Itu adalah Peristiwa Rapat Raksasa Lapangan IKADA.
Kini kita tidak akan bisa menemukan Lapangan Ikatan Atletik Djakarta lagi, sebab namanya kini sudah diubah menjadi Monas. Di lapangan inilah rakyat Indonesia mendukung rencana kemerdekaan dan semangat juang para pendiri bangsa.

5. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Foto: Travelio

Trippers tentu tahu bukan bahwa pengetikan dan perumusan naskah proklamasi di lakukan di kediaman milik Laksamana Maeda. Kini rumah tersebut sudah menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, tempat dimana Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Sayuti Malik serta Ahmad Soebarjo merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Museum yang berada di Jl Imam Bonjol, No. 1 Menteng Jakarta Pusat ini memamerkan patung-patung lilin yang menggambarkan kejadian-kejadian diskusi antar tokoh untuk merumuskan naskah proklamasi. Penataan ruangnya juga dibuat mirip seperti saat kejadian perumusan naskah, sehingga ini menjadi tempat yang cocok untuk napak tilas kemerdekaan Negara Republik Indonesia tercinta.

Trippers, meski kita sudah terpisah puluhan tahun dari momen perjuangan tersebut, kita harus tetap mewarisi semangat juang dari para pendiri bangsa. Trippers.id dan segenap bagian dari PVK GROUP mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-75! Jaya Negeriku! Jaya Indonesiaku!

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *