5 Wisata Bangunan Ikonik dan Bersejarah di Hoi An Vietnam

Trippers – Hoi An merupakan salah satu kota menarik yang terdapat di Vietnam, tepatnya di pesisir timur negara ini. Kota ini memiliki letak strategis yang tidak jauh dari kota Da Nang, tepatnya hanya berjarak sekitar 30 km saja. Selain itu, dulunya kota berpenduduk 120 ribu jiwa ini menjadi pusat perdagangan pada abad ke 15-19 sehingga memiliki sejarah panjang yang menarik tentunya.

Terdapat berbagai bangunan dan wisata sejarah yang unik di kota ini yang gak kalah dari daerah lain di Vietnam. Nah, maka dari itu buat kalian yang suka berwisata sejarah dan berancana berkunjung ke Vietnam, kalian harus tahu beberapa wisatanya berikut ini.

1. Hoi An Ancient Town

Foto : www.youtube.com

Hoi An Ancient Town merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Kota Hoi An, yang letaknya berada di muara Sungai Thu Bon yang tak jauh dari pesisir Laut Cina Selatan. Dulunya kota ini menjadi pelabuhan utama pada abad ke 15 hingga 19 di Vietnam dan menjadi salah satu pusat perdagangan di Asia Tenggara.

Kota tua ini menghadirkan berbagai macam bangunan tua yang khas dan memiliki perpaduan antara bangunan Tionghoa, Jepang, dan Eropa yang menjadi satu padu. Maka dari itu tak heran apabila kota ini menjadi salah satu UNESCO World Heritage Site di Vietnam.

2. Japanese Covered Bridge

Foto : vina.com

Japanese Covered Bridge menjadi salah satu bangunan ikonik yang terdapat di Kota Hoi An, yang juga berada di area Hoi An Ancient Town. Bangunan ini merupakan peninggalan arsitektur Jepang yang berada di Vietnam dan sudah dibangun pada abad ke 18, yang dulunya dibangun oleh para pendatang asal Jepang.

Bangunan jembatan ini dibuka pada tahun 1719 oleh Nguyen Phuc Chu Lord, dengan berbagai ornamen unik khas perpaduan Jepang dan Tionghoa. Dulunya jembatan ini pernah mengalami renovasi pada tahun 1986, namun tetap mempertahankan unsur estetika dan keotentikannya.

3. Quan Cong Temple

Foto : vietnamdiscovery.com

Tak jauh dari Hoi An Ancient Town, terdapat Quan Cong Temple yang merupakan sebuah tempat ibadah yang ada di kota ini. Bangunan kuil ini sudah berdiri sejak tahun 1653 yang diberi nama Quan Cong, yang menjadi simbol loyalitas, kejujuran, integritas dan keadilan, serta sudah berdiri pada masa Dinasti Han di Tiongkok.

Sedangkan bentuk bangunannya sendiri sangat kental akan nuansa Tionghoa dan menghadirkan pula berbagai ornamen bergaya Vietnam.

4. Phùng Hung Ancient House

Foto : www.justgola.com

Kemudian, terdapat Phùng Hung Ancient House yang terletak tidak jauh dari Japanese Covered Bridge, tepatnya di sebelah barat jembatan tersebut. Bangunan rumah ini sebenarnya merupakan rumah kuno yang ada di Kota H?i An, yang mana sudah dibangun sejak tahun 1780.

Rumah ini menjadi landmark terkenal di kota ini karena memiliki arsitektur yang sangat khas dari Vietnam pada abad ke 18. Sedangkan dulunya rumah ini digunakan oleh seorang pedagang asal Vietnam bernama Phung Hung dan sudah menjadi National Historical and Cultural Site sejak tahun 1993.

5. Old House of Tan Ky

Foto : medium.com

Terakhir, ada Old House of Tan Ky yang letaknya berada di area Hoi An Ancient Town yang sudah dibangun sejak abad ke 18. Selain itu letak rumah ini juga mudah untuk dikunjungi yang berada pada pusat area wisata Hoi An Ancient Town.

Bangunan ini memiliki bentuk arsitektur yang sangat khas dan menggambarkan bentuk bangunan rumah pedagang khas abad ke 18. Serta memiliki arsitektur dengan unsur Tiongkok dan Jepang yang khas, serta adanya perpaduan ornamen bergaya Vietnam.

Nah itu tadi kelima tempat wisata sejarah yang ada di Hoi An yang pastinya sayang banget apabila dilewatkan. Kalau kamu mau berkunjung ke mana dulu nih?

 

Baca Juga : 5 Kota Menawan di Angola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *