Trippers.id
Uncategorized

5 Makanan Khas Musi Rawas yang Patut Kamu Coba

Trippers – Jika berbicara mengenai kuliner khas Sumatera Selatan, pasti yang pertama kali terlintas dalam pikiran banyak orang adalah pempeknya. Padahal masih banyak kuliner lain yang bisa kamu jumpai mengingat setiap daerah di Sumatera Selatan memiliki keunikan hidangannya masing-masing.

Salah satu daerah tersebut adalah kabupaten Musi Rawas yang pusat pemerintahannya ada di Muara Beliti. Penasaran apa saja hidangan lezat yang bisa kamu temui di Musi Rawas? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Roti kemang
Foto : bundatwinskitchen.wordpress.com

Memiliki cita rasa manis, roti kemang merupakan roti yang di dalamnya berisi parutan kelapa dan gula merah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti kemang tak jauh berbeda dengan roti yang biasa kamu jumpai.

Selain dimakan langsung, masyarakat setempat juga sangat menyukai mengonsumsi roti kemang bersama bubur durian.

  1. Bubur durian
Foto : www.wikiwand.com

Bubur durian terbuat dari daging durian, santan, daun pandan, dan gula pasir. Campur semua bahan tersebut lalu aduk hingga teksturnya mengental.

Bubur durian biasanya disantap dengan roti kemang atau beras ketan. Cita rasa manis dan gurihnya dipastikan membuatmu ingin nambah porsi.

  1. Pindang meranjat
Foto : kreasimasakan.com

Pindang meranjat menggunakan ikan baung gabus sebagai bahan utamanya. Sedangkan bumbu rempah-rempahnya menggunakan daun salam, serai, garam, lengkuas, tomat, kemangi, kunyit, jahe, dan daun bawang.

Pindang meranjat memiliki cita rasa gurih dan pedas dengan tekstur daging ikan yang lembut.

  1. Pindang pegagan
Foto : sajiansedap.grid.id

Pindang pegagan merupakan kuliner khas Musi Rawas yang bahan dasarnya berasal dari ikan patin. Hidangan yang sangat populer ini memiliki cita rasa nikmat karena menggunakan bumbu rempah-rempah lokal yang berkualitas, seperti daun salam, serai, garam, lengkuas, tomat, kemangi, dan daun bawang.

Pindang pegagan memiliki cita rasa yang dominan manis dan pedas. Cocok disantap bersama nasi hangat.

  1. Ikan sepit bakar
Foto : lifestyle.okezone.com

Dinamakan ikan sepit karena ikannya diolah dengan cara dijepit menggunakan bambu lalu dibakar di atas perapian hingga matang. Boleh menggunakan jenis ikan apa saja asalkan termasuk ikan air tawar.

Ikan sepit paling nikmat disantap dengan sambal tomat atau sambal terasi. Tapi, ada juga masyarakat setempat yang mengolahnya menjadi gulai atau pindang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.