5 Spot Wisata Wajib di Bangka Belitung

Pulau Bangka menjadi salah satu bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang terletak di sisi timur Sumatera ini menyimpan keindahan yang patut diacungi jempol.

Tak hanya itu, keindahan alamnya juga masih murni dan jarang dikunjungi wisatawan. Beberapa destinasi wisata Pulau Bangka yang sungguh indah ini harus menjadi daftar wajibmu saat kunjungan.

1. Danau Kaolin

8 Destinasi Paling Indah di Pulau Bangka Ini, Dua Jempol Deh!instagram.com/kikiseptriani
Kamu bisa mengunjunginya di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan. Warga setempat menyebutnya Danau Kaolin, tetapi juga disebut Camoi Aek Biru. Danau dengan air yang biru jernih dan pasir di sekelilingnya yang putih ini sebenarnya bekas galian tambang, lho!

2. Pulau Putri

8 Destinasi Paling Indah di Pulau Bangka Ini, Dua Jempol Deh!instagram.com/idiaelsa

Pulau Putri ini berlokasi di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Terdapat berbagai gugusan batu granit raksasa yang menakjubkan di sepanjang pantai pulau ini. Air laut di pantai pun sangat jernih dan ombaknya tidak begitu deras.

3. Bekas Penambangan Timah Aek Ketok

8 Destinasi Paling Indah di Pulau Bangka Ini, Dua Jempol Deh!instagram.com/daffaalfrby

Di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, juga terdapat bekas tambang timah yang menjadi destinasi wisata unggulan. Berbeda dengan Danau Kaolin yang berdinding putih, Aek Ketok ini memiliki dinding berwarna cokelat. Tak kalah estetik, kok!

4. Pantai Batu Dinding

8 Destinasi Paling Indah di Pulau Bangka Ini, Dua Jempol Deh!instagram.com/filissathilfani

Pantai ini berlokasi di Belinyu, Kabupaten Bangka. Dari namanya saja, kita dapat membayangkan seperti apa batu yang terdapat di pantai ini. Terdapat sebuah batu granit besar berukuran sekitar 20 x 15 meter yang berdiri tegak menyerupai dinding.

5. Pantai Parai Tenggiri

8 Destinasi Paling Indah di Pulau Bangka Ini, Dua Jempol Deh!instagram.com/josephwolfgang

Destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka. Memiliki hamparan pasir berwarna putih yang tak jauh beda dengan kebanyakan pantai lainnya.

Namun, air laut di pantai ini terlihat berwarna hijau tosca yang menambah keindahan pantai. Bebatuan yang tersebar di sekitar pantai pun menambah indah panorama Pantai Parai Tenggiri ini.

Sungguh indah, kan Nusantara kita! Dari berbagai destinasi wisata Pulau Bangka di atas, manakah yang jadi favorit kamu? Ingat, tetap jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan ya!

Oleh : Yoshi Nathania (idntimes.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.