5 Makanan Sumbar yang Uenakkk

Sumatera Barat merupakan sebuah Provinsi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak hanya kaya akan destinasi wisata, Sumatera Barat juga sangat kaya akan budaya dan kuliner. Kuliner khas Sumatera Barat memang sangat terkenal di seluruh Indonesia, hal ini terlihat dengan banyaknya Rumah Makan Masakan Padang yang bisa Anda temui hampir di seluruh Indonesia.

Masakan khas Minang memang menjadi salah satu kuliner yang paling banyak digemari di Indonesia. Bahkan, rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Tak hanya ada rendang, kuliner khas Sumatera Barat lainnya juga tak kalah nikmat untuk dicoba. Nah, jika Anda berencana untuk berlibur ke kawasan Sumatera Barat, Berikut ini adalah daftar makanan khas Sumatera yang wajib untuk anda coba.

1. Kacimuih

” alt=”” aria-hidden=”true” />Kacimuih

indonesiakaya.com

Jika umunya berbicara mengenai Sumatera Barat atau kota Padang, tentu saja bagi sebagian orang akan terlintas masakan rendang. Namun tahukah Anda jika kota Padang ini tidak hanya terkenal dengan olahan rendangnya saja ternyata masih banyak lagi olahan makanan yang sangat mengirukan.

Meskipun tidak bisa kita pungkiri jika rendang ini masuk dalam urutan nomor tiga makanan yang terlezat didunia. Nah selain rendang dengan cita rasanya yang pedas tentu saja masih banyak lagi olahan makanan lainnya yang bisa Anda cicipi.

Anda tidak perlu panik, meskipun makanan khas sumatera barat terkenal dengan cita rasa yang pedas, namun Anda juga bisa mendapatkan makanan atau aneka kuliner lainnya yang manis dilidah Anda dan juga sangat cocok untuk cemilan di sore hari saat berkumpul bersama keluarga.

Nah makanan manis tersebut dikenal dengan kacimuih. Tahukah Anda jika kacimuih ini terbuat dari singkong yang diparut dan juga dicampurkan dengan kelapa muda yang diparut serta juga diberikan gula merah sehingga memberikan rasa yang manis.

Tahukah Anda jika ada cara yang sangat unik saat menikmatinya, dimana gula arennya dicairkan sehingga seperti caramel saat Anda memakannya. Sungguh nikmat bukan.

2. Gajeboh

” alt=”” aria-hidden=”true” />

archipelagos.id

Siapa bilang jika makanan khas sumatera barat hanya rendang saja, tahukah Anda jika masih banyak lagi makanan yang bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung ke kota yang satu ini. Salah satunya adalah gajeboh atau juga masyarakat menyebutnya dengan sandung lamur.

Nah masakan yang satu ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya, hanya saja yang digunakan adalah bagian punuk daging sapi tersebut karena dibagian ini terdapat banyak lemaknya. Cita rasanya selain nikmat tentu saja gurih karena berasal dari lemak daging sapi tersebut.

Makanan khas sumatera barat yang satu ini menggunakan kuah seperti kuah gulai berwarna merah dan tidak dimasak dengan santan. Nah lemak yang berasal dari daging sapi tersebut memberikan sensasi rasa yang sangat berbeda dan juga tentu saja nikmat.

Bahkan beberapa orang menyebutkan jika gajeboh ini adalah makanan yang paling enak dan juga nikmat terlebih jika disantap dengan nasi panas.

3. Asam Padeh Daging

” alt=”” aria-hidden=”true” />Asam Padeh Daging

anekaresepmasakanpadang.blogspot.co.id

Bisa dikatakan jika kota Padang adalah surganya olahah daging yang sangat lezat. Nah salah satu makanan khas sumatera barat yang bisa Anda cicipi dan berasal dari olahahan daging adalah asam pandeh daging.

Sesuai dengan namanya dimana rasa dari makanan khas yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas karena manggunakan cabai yang sangat banyak serta juga rasa asam yang berasal dari asam kandis.

Sekilas biasanya masakan yang satu ini mirip dengan masakan rendang, hanya saja rasanya tentu saja berbeda karena rendang tidak menggunakan asam kandis dalam proses memasaknya.

Selain itu makanan yang satu ini sangat cocok untuk Anda santap disiang hari bersama keluarga Anda.

4. Lompong Sagu

” alt=”” aria-hidden=”true” />Lompong Sagu

twitter.com/semenku

Nah setelah lidah Anda menikmati makanan yang pedas- pedas, maka Anda bisa sedikit mengistirahatkannya dengan mencoba untuk mencicipi makanan khas sumatera barat yang satu ini yaitu lompong sagu.

Tahukah Anda jika lompong sagu ini merupakan salah satu jenis kue yang wajib Anda cicipi. Bahan utama kue ini adalah tentu saja tepung sagu dengan menggunakan kelapa parut serta juga gula merah dan santan, tidak ketinggalan juga dilengkapi dengan pisang baik itu pisang raja atau juga pisang kapok. Biasanya keu ini dipanggang dan juga diberikan taburan kelapa parut diatasanya sebelum Anda nikmati. Sehat serta juga bergizi.

5. Sate Lokan

” alt=”” aria-hidden=”true” />Sate Lokan

yoyoijonk.wordpress.com

Nah jika Anda bosan dengan olahan daging terus menerus, maka Anda bisa mencicipi makanan khas sumatera barat lainnya yaitu sate lokan. Nah sate lokan ini adalah olahan yang menggunakan kerang hijau sebagai bahan dasar pengganti daging sapi atau daging ayam.

Sama dengan sate lainnya dimana sate lokan ini juga dibakar dan disiram dengan kuah yang sangat kental pula. Sate lokan ini juga biasanya disajikan dengan tambahan ketupat.

Sumber : Reni – Gotravelly.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.