5 Makanan Mengandung Nabati yang Tinggi Selenium

Trippers.id – Tidak banyak orang tahu kalau selenium penting bagi tubuh. Selenium bertindak sebagai antioksidan yang powerful, bisa mengurangi risiko kanker tertentu, penting untuk kesehatan tiroid dan melindungi dari penyakit jantung. Disarankan untuk mengonsumsi selenium sebanyak 55 mikrogram (mcg) per hari untuk orang dewasa.

Tahukah kamu kalau makanan berbasis nabati di bawah ini ternyata kaya selenium? Perbanyak konsumsi makanan ini, yuk!

1. Jamur

Foto : hellosehat.com

Dalam 100 gram jamur terdapat 12 mcg selenium. Bahkan, jamur Scutiger pes-caprae mengandung 200 mcg selenium per gram, menurut penelitian berjudul “Selenium in Edible Mushrooms” yang ditulis oleh Jerzy Falandysz dan diterbitkan di Journal of Environmental Science and Health, Part C.

2. Kacang Brazil

Foto : id.theasianparent.com

Bisa dibilang, kacang brazil memiliki kandungan selenium tertinggi. Dalam sebutir kacang, terdapat 68-91 mcg selenium yang bisa memenuhi kebutuhan selenium harian, jelas laman Medical News Today. Sementara, 100 gram kacang brazil mengandung 1917 mcg dan memenuhi 3485 persen kebutuhan selenium harian.

3. Kacang Lentil

Foto : gitacinta.com

Kacang lentil adalah bahan utama dalam masakan Timur Tengah, umumnya dijadikan sebagai sup. Dalam satu cup kacang lentil yang sudah dimasak, mengandung 6 mcg selenium, ujar laman Healthline. Selain itu, 100 gram kacang lentil mengandung 8 gram serat, 9 gram protein dan 1,8 gram gula.

4. Kacang Mete

Foto : hellosehat.com

Kacang mete biasanya ditemukan dalam cokelat batangan. Kacang yang bercitarasa gurih ini mengandung 3 mcg selenium per 28,35 gram, tutur laman Healthline. Tidak terlalu banyak memang, tetapi bisa jadi opsi untuk memenuhi kebutuhan selenium harianmu. Apalagi, rasa kacang mete yang lezat akan membuatmu terus-menerus mengunyah!

5. Biji Bunga Matahari

Foto : doktersehat.com

Ngemil biji bunga matahari memang asyik, apalagi sensasi membuka kulitnya yang penuh perjuangan. Ternyata, dalam 1/4 cup biji bunga matahari mengandung 19 mcg selenium! Tetapi, kamu perlu berhati-hati karena biji bunga matahari mengandung sodium tinggi dan tidak disarankan untuk penderita hipertensi.

Nah, itulah makanan berbasis nabati yang mengandung selenium tinggi. Tambahkan makanan ini ke dalam piringmu, yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.