5 Makanan Khas Madura, selain Sate

Bicara soal Madura, pasti salah satu hal yang terlintas di pikiran kamu adalah makanan khasnya, yakni sate Madura. Ya, kelezatan kuliner yang satu ini memang tidak diragukan lagi.

Ada banyak beragam makanan khas lainnya jika kamu mencoba untuk singgah di kota ini. Sejumlah makanan khas Madura pun memiliki nama yang unik. Meskipun begitu, soal rasa tak perlu ditanyakan lagi.

1. Bebek Songkem

Makanan khas Madura yang pertama adalah bebek songkem. Buat pecinta kuliner bebek, kuliner satu ini wajib kamu coba saat bertandang ke Madura.

Bebek Songkem Khas Madura [instagram  @bebek_songkem]
Bebek Songkem Khas Madura [instagram @bebek_songkem]

Olahan kuliner bebek khas Madura ini dimasak dengan olahan bumbu khas yang dikukus dalam bungkusan daun pisang sehingga menghasilkan aroma lezat.

Ditemani nasi yang masih hangat bersama sambal dan juga lalapan segar, makanan khas Madura ini menjadi salah satu pilihan wisata kuliner favorit bagi para traveler yang singgah ke Madura.

2. Tajin Sobih

Tak kalah unik dan lezat dibandingkan makanan khas Madura lainnya, masih ada makanan ringan bernama tajin sobih khas Madura. Nama Tajin Sobih sendiri didapatkan dari para pedagang kuliner ini yang kebanyakan berasal dari Desa Sobih.

Tajin Sobih Khas Madura [Tajin Sobih Khas Madura]
Tajin Sobih Khas Madura [Tajin Sobih Khas Madura]

Jajanan khas berupa bubur ini diolah dari beragam jenis bahan dan umumnya disajikan di atas selembar daun pisang. Tekstur lembut dan rasa manis bercampur gurih dijamin bisa memanjakan lidah para penikmat kuliner khas Madura.

3. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot khas Madura [instagram @sumenepsuperhits]
Kaldu Kokot khas Madura [instagram @sumenepsuperhits]

Makanan khas Madura yang berikutnya adalah kaldu kokot. Dalam bahasa Jawa, Kokot memiliki arti tulang sapi, dan sesuai namanya bahan utama dari makanan khas Madura ini adalah tulang sapi yang dimasak sehingga gurihnya tulang dan sumsum menjadi daya tarik utama dari panganan ini.

4. Rujak Selingkuh

Makanan khas Madura yang memiliki nama unik ini juga memiliki rasa yang tak kalah unik. Nama Selingkuh dari panganan khas Madura ini didapat dari olahan yang seperti campuran antara kuliner rujak yang berselingkuh dengan soto babat khas Madura.

Rujak Selingkuh Khas Madura [instagram @photomadura]
Rujak Selingkuh Khas Madura [instagram @photomadura]

Campuran kedua kuliner dengan bumbu dan rasa yang berbeda inilah kemudian menghasilkan kuliner yang tak kalah menarik untuk dicicipi saat singgah ke Madura.

5. Soto Mata Sapi

Makanan khas Madura yang lainnya adalah soto mata sapi. Makanan satu ini sangat unik karena salah satu bahan yang digunakan adalah mata sapi dan juga tulang sapi.

Soto Mata Sapi khas Madura [instagram @waskithowee]
Soto Mata Sapi khas Madura [instagram @waskithowee]

Diolah dengan berbagai bumbu lengkap bersama irisan daging sapi, kuliner khas Madura ini bisa jadi pendamping lezat untuk menyantap sepiring nasi hangat.

Oleh : Muhammad Taufiq | Kontributor: Frisca Tanjung | jatim.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *