5 Tips Traveling Halal ke Luar Negeri untuk Wisatawan Muslim

Trippers – Traveling ke luar negeri bisa dibilang menjadi salah satu impian bagi setiap orang. Namun, bagi sebagian muslim, traveling ke luar negeri bisa menjadi tantangan tersendiri.

Ada beberapa hal yang membuat wisatawan muslim masih ragu untuk traveling ke luar negeri. Salah satunya budaya dan keamanan kulinerannya. Nah, supaya gak ragu atau bingung, berikut beberapa tips traveling halal yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih negara yang tepat untuk liburan halal

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah memilih negara tujuan. Pastikan kamu memilih negara yang ramah wisatawan muslim, misalnya seperti Malaysia, Brunei Darussalam, hingga Korea Selatan.

Negara ramah wisatawan muslim akan membuat kamu lebih nyaman, karena biasanya aturannya tak beda jauh dengan Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

2. Pakaian yang serbaguna

Traveling ke luar negeri gak harus ribet, kamu bisa memilah mana pakaian yang multifungsi supaya gak menambah berat koper. Misalnya kamu bisa membawa gamis supaya bisa dipakai juga untuk salat. Pilih pakaian yang netral dan pastel, supaya tak begitu mencolok.

3. Riset tentang makanan halal di negara tujuan

Jika ingin traveling ke luar negeri ke negara dengan warga mayoritas non-muslim, makanan menjadi salah satu hal penting yang paling diperhatikan. Setelah menentukan negara tujuannya, kamu harus mengecek jenis makanan halal apa saja yang tersedia di tempat tujuan.

Dengan begitu, kamu sudah tahu makanan mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Makan jadi lebih nyaman, deh.

4. Cek ketersediaan ruang ibadah

Jangan sampai traveling membuat kamu meninggalkan kewajiban sebagai muslim, hanya karena sulit menemukan tempat ibadah. Kamu bisa mencari tahu lokasi masjid terdekat melalui internet. Jangan lupa pula mengunduh aplikasi jadwal salat sesuai waktu setempat ya.

5. Gunakan jasa travel halal yang terpercaya

Supaya liburanmu berjalan aman dan nyaman, disarankan memakai jasa travel halal terpercaya. Biasanya mereka sudah memiliki link dan jaringan terkait wisata halal, mulai dari lokasi-lokasi yang bisa dikunjungi, destinasi yang berhubungan dengan Islam, hingga rekomendasi makanan halal. Perjalananmu jadi lebih dimudahkan dan nyaman.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk wisata halal. Saat ini kamu bisa mengumpulkan informasi dulu sambil menunggu masa pandemik berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *