Tips Memilih Sepatu Hiking yang Tepat, Kamu Harus Siapin!

Trippers.id – Sepatu merupakan bagian terpenting untuk melengkapi gaya berpakaian kamu, sehingga saat memilih sepatu yang dipakai, Kamu harus memperhatikan pakaian yang dikenakan dan juga keperluannya. Dalam kegiatan mendaki (hiking), sepatu menjadi perlengkapan yang cukup penting. Berikut tips memilih sepatu untuk mendaki gunung (hiking):

1. Sol Sepatu

Untuk kegiatan hiking, pilihlah sepatu yang memiliki sol kembang besar dengan ceruk yang tajam dan berpunggung tinggi. Hal ini dapat membantu memposisikan kaki kamu secara mantap ketika melewati jalur tebing curam dan berbatu, selain itu sepatu dengan sol seperti ini dapat membantu kaki menahan berat badan pendaki lebih seimbang. Pilihlan sol pada bagian tumit yang lebih besar, kuat, dan terbuat dari karet atau sintetis, hal ini berguna untuk menahan laju tubuh pengguna ketika menuruni lereng bukit.

2. Pemilihan Bahan

Bahan merupakan faktor utama penentu kualitas suatu produk. Untuk melakukan kegiatan pendakian (hiking), pilihlah sepatu berbahan kulit. Namun rupanya, pemilihan bahan kulit ini memiliki kekurangan diantaranya mudah pecah jika terdapat kesalahan dalam perawatannya dan terasa pengap saat digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, Kamu dapat memilih sepatu
dengan bahan kulit sintetis. Seiring dengan perkembangannya, sepatu dengan bahan kulit sintetis ini memiliki sirkulasi udara di dalam sepatu yang mampu meminimalisir kepengapan.

Teknologi peredam (damping) juga tersedia, sehingga mampu mengurangi hentakan dan ketika digunakan untuk berjalan serasa tanpa goncangan. Selain hal itu, teknologi anti air (waterproof) juga menjadi ketertarikan tersendiri, karena berfungsi menjaga kaki tetap kering meskipun sepatu kehujanan atau tercelup ke dalam air. Sepatu berbahan karet dan kanvas memang lebih ringan dibandingkan dengan sepatu berbahan dasar kulit, namun sebaiknya hindari sepatu berbahan tersebut ketika hendak mendaki. Hal ini dikarenakan sepatu berbahan karet dan kanvas cenderung mudah sobek dan kurang melindungi kaki.

3. Tipe Sepatu

Terdapat beberapa tipe sepatu diantaranya sepatu high cut, sebuah sepatu tracking berbentuk standar dengan penutup mata kaki. Penutup tersebut berfungsi untuk melindungi mata kaki dan sebagai pendukung kaki jika kita membawa beban yang berlebih. Sepatu ini memiliki empat lubang tali yang terbuat dari besi untuk mengikat antara kaki dan sepatu.

Sepatu mid cut adalah sepatu yang juga memiliki penutup mata kaki, namun tidak setinggi sepatu high cut. Sepatu ini memiliki tiga lubang besi untuk mengikat tali. Dan tipe lainnya yaitu low cut. Dari tiga tipe tersebut, disarankan kamu memilih sepatu high cut untuk kegiatan mendaki. Sepatu tersebut dapat melindungi tumit secara penuh dan pada bagian mata kaki juga terlindungi dari ranting, duri dan benda tajam lainnya.

4. Pola Jahitan

Pola jahitan juga menjadi hal yang cukup penting dalam pemilhan sepatu hiking. Pilihlah pola jahitan yang mengikuti bentuk kaki, karena pola tersebut memberikan kenyamanan saat di pakai seakan sepatu menempel secara menyeluruh pada permukaan kaki kamu.

5. Ukuran Sepatu

Hal lain yang cukup penting dalam pemilihan sepatu adalah ukuran. Dalam memilih sepatu untuk kegiatan mendaki, disarankan kamu memilih sepatu dengan ukuran 1 atau 2 nomor lebih besar dari ukuran sepatu sehari-hari untuk mencegah lecet dan cedera kuku kaki pada bagian ujung terdepan dalam sepatu. Selain itu kelebihan tersebut dapat memberikan ruang
untuk menggunakan kaos kaki yang lebih tebal guna menghangatkan kaki kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *