5 Tips dan Trik Membersihkan Koper dengan Disinfektan

Trippers – Sejak virus corona menyebar dan menjadi wabah penyakit baru di dunia, banyak orang melindungi diri dengan cairan disinfektan. Penyemprotan disinfektan dilakukan mulai dari fasilitas umum, jalan umum, hingga gedung perkantoran dan sekolah.

Sama halnya dengan barang-barang yang kita punya, apalagi kalau setelah melakukan perjalanan. Koper salah satunya. Nah, supaya kopermu terhindar dari bakteri dan virus, berikut cara membersihkannya dengan disinfektan.

1. Roda Koper

Foto : my-best.id

Roda merupakan bagian terpenting untuk dibersihkan. Sebaiknya gunakan lap disinfektan atau kain pembersih mikrofiber.

Semprotkan disinfektan untuk membersihkan kotoran pada roda. Pastikan kamu memutar setiap roda supaya bersih secara menyeluruh.

2. Pegangan Koper

Foto : matcha-jp.com

Pegangan koper bisa menjadi sarang kuman, karena tangan yang selalu menempel di sini. Bersihkan bagian ini dengan cara yang sama seperti membersihkan roda.

Namun, tarik dulu pegangan kopernya. Kemudian bersihkan pegangan, tombol, dan lubang atau bagian yang cekung di koper. Biarkan terbuka sampai benar-benar kering sebelum disimpan.

3. Bagian Luar Koper

Foto : journal.sociolla.com

Koper hardcase dapat dibersihkan menggunakan lap disinfektan. Selalu periksa sudut yang gak mudah dijangkau, seperti bagian bawah koper. Bawah koper merupakan bagian yang kemungkinan besar akan menarik banyak kotoran.

4. Bagian Dalam Koper

Foto : review.bukalapak.com

Bersihkan bagian dalam koper, berikan perhatian khusus pada area di sekitar ritsleting dan kantung dalamnya. Sebab, bagian tersebut bisa saja menjadi tempat kotoran dan serangga bersembunyi.

Setelah dibersihkan, sebaiknya biarkan koper hingga mengering sebelum disimpan. Jangan menyimpan koper yang lembap, karena bisa menyebabkan jamur.

5. Menghilangkan Kutu dari Koper

Foto : review.bukalapak.com

Jika merasa kopermu telah dihinggapi kutu selama perjalanan, sebaiknya jangan bawa koper ke dalam rumah. Biarkan di luar atau garasi.

Rawat menggunakan cara pemanasan portabel yang mencapai suhu 118 derajat Celsius. Sebaiknya panaskan hingga kutu mati selama minimal 90 menit, supaya bisa membunuh telurnya sekaligus.

Nah, itulah cara membersihkan koper dengan disinfektan yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk yang belum bersihkan kopernya langsung cobain cara diatas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *