Tidak hanya Prambanan, Ini 5 Candi yang Ada di Jogja

Trippers – Trippers, berwisata ke candi merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan yang datang ke Indonesia, candi di Indonesia memang banyak Trippers. Di Jogja, wisata candi juga salah satu rekomendasi yang banyak diminati wisatawan loh.

Candi di Yogyakarta sebenarnya bukan hanya Candi Prambanan Trippers, masih banyak candi yang ada di Yogyakarta. Yuk kita simak tentang candi yang ada di Yogyakarta!

1. Candi Ratu Boko

Foto: wisataoke.com

Candi Ratu Boko adalah salah satu peninggalan sejarah di negeri tercinta kita Trippers. Tempat ini adalah reruntuhan dari sebuah istana bahkan bangunan ini tidak menyerupai candi pun, makanya tempat ini juga di sebut Keraton Ratu Boko. Situs sejarah ini berada dibukit dengan ketinggian 200mdpl.

Dari atas terlihat hamparan sawah yang membentang hijau, terkadqng ada juga kereta api yang melintas menjadj salah satu daya tarik dari pengunjung, udaranya juga sejuk karena banyak pepohonan dan rumput-rumput yang membentang hijau.

Lokasi candi Ratu Boko ini terletas di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Dari arah Kota jogja ambil jalur jalan Solo sampai tiba di lampu merah pertigaan pasar Prambanan. Belok ke kanan dan berjalan sekitar 3 kilometer. harga tiketnya sebesar 25 ribu rupiah untuk usia diatas 6 tahun. Bagi yang masih berusia dibawah 6 tahun akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu. Untuk wisatawan asing dikenakan biaya sebesar 13 dollar. Disini kita juga menikmati senja sobat trippers, apalagi kalau bersama doi makin romantis deh.

2. Candi Sambi Sari

Foto: jogjaempatroda.com

Candi Sambi Sari terletak di Jl. Candi Sambisari, Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman. Candi Sambu Sari ini cukup unik Trippers karena terletak kira-kira 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya. Itulah sebabnya jika Trippers kesini harus berjalan kaki menuruni berpuluh-puluh anak tangga yang agak sedikit curam agar bisa mencapai, berhati-hatilah Trippers jika turun takut terjatuh.

Penemuan dari Candi Sambi Sari ini cukup unik, karena candi yang satu ini di temukan oleh seorang petani yang bernama Karyowinangun, kala itu Karyowinangun sedang asik mencangkul tanpa terduga mata cangkulnya membentur salah satu dari bagian candi, setelah itu di teleti oleh Dinas Kepurbakalaan dan ternyata batu itu adalah salah satu komponen dari candi akhirnya dilakukan penggalian lanjut hingga akhirnya menjadi Candi Sambi Sari sampai saat ini.

Pesona yang disuguhkan oleh candi Sambi Sari adalah menawarkan pesona tersendiri bagi siapa pum yang mendatangi tempat ini. Tidak hanya terdiri dari bangunan candi saja, di kawasan ini terdapat hamparan rumput hijau dan taman yang tertata dengan rapi. Tiket masuk candi Sambi Sari ini juga cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 5.000 sobat trippers sudah bisa menikmati indahnya Candi Sambi Sari.

Baca Juga: 5 Candi di Indonesia yang Terkenal Misterius, Bener Gak?

3. Candi Ijo Jogja

Foto: hargatiket.net

Candi yang satu ini juga banyak diminati wisatawan loh wahai sobat trippers, bagi para pecinta senja bakalan tergila-gila deh melihat sunset disini, Candi Ijo ini menjadi spot sunset hunting para kaum muda untuk feed instagram mereka, walau namanya tak setenar Candi Borobudur maupun prambanan tetapi bagi kaum muda yang ada dijogja sangat populer.

Lokasi dari Candi Ijo ini di Kikis, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Candi ini juga merupakan Candi tertinggi di Jogja sobat trippers, karena letaknya yang berada di atas bukit. Untuk tiket masuk ke candi ini berapa ya ? Tenang sobat trippers, tak perlu khawatir untuk merogoh uang yang banyak, hanya dengan Rp 5.000 bisa masuk ke Candi Ijo ini sobat trippers, gak bikin kantong seretkan hehe, tetapi bisa bikin doi makin jatuh cinta karena bisa jepret foto yang keren untuk si doi.

4. Kalasan

Foto: paketwisata.id

 

Candi yang berada di daerah Kalibening Desa Tirtomantani, kecamatan Kalasan ini merupakan candi tertua dari candi-candi lain yang ada di Yogyakarta, bangunannya memang sudah tua sobat trippers tetapi masih kokoh berdiri. Candi ini juga merupakan candi Budha yang ada di Yogyakarta.

Candi ini mempunyai keunikan dan nilai sejarah yang tinggi. Keunikan lainnya dari Candi Kalasan yaitu ornamen dari candi ini berdeda dari candi lainnya yang ada di Jogjakarta. Ornamennya terletak pada bahan untuk menempelkan relief di dinding luar. Unik bukan Trippers.

Tiket masuk juga ramah di kantong sobat trippers, hanya Rp. 5.000 bisa melihat sejarah dari candi Kalasan ini. Sejarah memang sangat penting ya sobat trippers biar kita selalu bisa cinta dengan wisata Indonesia dan bisa menceritakan untuk generasi selanjutnya.

Baca Juga: Tambah Pengetahuan dengan Mengenal Sejarah Candi Penataran Yuk!

5. Plaosan

Foto: ngetripkemana.com

 

Nampak eksotis ketika mata hari terbenam, Candi Plaosan merupakan candi yang wajib kamu kunjungi di Jogja. Masih tetanggaan dengan Candi Prambanan, Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Prambanan, Klaten. Candi Plaosan merupakan candi yang memiliki dua kompleks yaitu Plaosan Lor dan Kidul.

Tak hanya, relief-relief candi yang menceritakan tentang kehidupan laki-laki dan perempuan. Pada bagian belakang Candi Plaosan juga terdapat Pohon Bodhi yang dipagari oleh patung-patung Budha. Tiket masuk Candi Plaosan hanya Rp. 8000,- untuk dewasa dan Rp. 2000,-.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *