Simak Kurma-Kurma Termahal

Trippers.id – Karena Ramadhan tak lengkap tanpa kurma. Bulan Ramadhan selalu khas dengan banyak hal, salah satunya Kurma. Buah yang satu ini kerap jadi hidangan langganan di bulan puasa. Biasanya dikonsumsi sebanyak tiga buah sebagai takjil sebelum makanan berat ketika berbuka puasa.

SOUQ EL TUMOOR, PASAR KURMA FAVORIT JEMAAH HAJI INDONESIA

Source: Labbaik

Kurma punya banyak jenis, dengan harga yang bervariasi. Salah satu yang termahal mencapai harga Rp500.000 per kilogram, bahkan hingga jutaan rupiah. Beberapa kurma yang bisa mencapai nilai tersebut adalah kurma jenis AjwaMedjool (Madhool), Deglet Noor dan Sukkari.

Kenapa bisa mahal?

Ada beberapa alasan kenapa kurma-kurma tersebut bisa terjual dengan harga jutaan. Alasan pertama adalah sulitnya jenis-jenis kurma tersebut dikembangkan. Sebagai contoh, kurma Medjool butuh iklim yang sangat kering dengan sumber air yang baik. Karena membutuhkan area yang cukup spesifik, jumlah produksi kurma ini pun terbilang sedikit.

Source: Brittanica

Tingginya harga kurma juga dipengaruhi bentuk, ukuran dan rasa. Mengingat kurma-kurma tersebut dibudidayakan di Uni Emirat Arab, kualitasnya juga dipantau oleh Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA). Selain itu, tingginya harga kurma juga didorong oleh faktor demand yang tinggi.

Ragam harga kurma

Kurma Medjool dibudidayakan di Uni Emirat Arab dan dibanderol dengan harga 100 dirham Uni Emirat Arab atau sekitar Rp 420.000 per kilogram. Adapula kurma Ajwa yang merupakan kurma paling pertama dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma yang berjuluk ‘kurma nabi’ tersebut dijual dengan harga Rp350.000 hingga jutaan rupiah, tergantung kualitas dan ukuran.

Khasiat Kurma Ajwa atau Kurma Nabi yang Mengandung Banyak Manfaat ...

Source: Tribun

Kurma Khallas jadi varietas favorit warga lokal Uni Emirat Arab dan bisa berharga Rp169.000 per kilogram dan nikmat dikonsumsi dalam kondisi setengah matang. Kurma Deglet Noor dan kurma Sukkari sama-sama punya penggemar karena kelegitan dan rasa manisnya. Keduanya dibanderol dengan kisaran harga Rp110.000 per kilogram. Jadi sobat Trippers mau nyicipin yang mana dulu nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *