Serak Gulo, Tradisi “Manis” dari Padang

Trippers – Apa yang Trippers ingat jika mendengar kata onde mande, yeah! Sudah pasti langsung mengarah kepada Kota Padang Sumatera Barat.

Kota yang terkenal dengan kuliner rendang ini juga kaya akan ritual adat istiadat loh Trippers. Kali ini Trippers.id akan merangkum tentang tradisi Serak Gulo. Yuk check it out. Serak gulo atau tabur gula yang berlokasi di Jalan Pasar Batipuh di depan Masjid Muhammadan Kecamatan Padang Selatan merupakan prosesi turun temurun yang diperingati setiap tahun penanggalan hijriah pada tanggal 1 Jumadil Akhir.

Foto: kidalnarsis.com

Tradisi Serak Gulo adalah salah satu kebudayaan masyarakat muslim India yang dibawa ke kota Padang, jadi masyarakat India membawa tradisi ini dari India dan bahkan Serak Gulo sendiri hanya ada dua tempat di dunia yaitu di India dan di Padang.

Foto: catatanperjalananzulfikar.blogspot.com

Di Padang sendiri kurang lebih 8.000 orang keturunan India yang tinggal di Padang, sekitar empat ton gula yang disiapkan pada kegiatan ini gula-gula tersebut berasal dari sumbangan berbagai kalangan secara sukarela. Biasanya yang ikut dalam acara ini bukan hanya keturunan dari India warga padang sendiri juga turut ikut serta dalam acara ini.

Foto: catatanperjalananzulfikar.blogspot.com

Acara ini digelar dalam rangka mengenang Souhul Hamid salah seorang penyebar agama Islam asal India dan serak gula merupakan simbol manisnya ilmu yang diberikan.
Menarik bukan sobat trippers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *