Mengikat Bayi Agar Tidur! Ini Tradisi Orang Banjar

Trippers – Melayu Banjar memiliki budaya yang unik sekali dalam menidurkan anak. Tidak hanya dengan cara diayun atau ditidurkan di ranjang bayi, yang satu ini merupakan metode menidurkan bayi dengan cara yang tidak biasa.

Namanya adalah bapukung, bapukung sendiri banyak yang salah mengartikan. Karena cara bayi yang dipukung terlihat agak ekstrim. Yaitu tampak seperti mengikat bayi di leher dalam ayunan. Kadang orang menganggap bahwa bayi akan meninggal jika diperlakukan seperti itu.

Foto; takaitu.id

Teknik bapukung memang agak ekstrim Trippers. Karena bapukung ini mendudukkan bayi dalam ayunan yang dibuat dari kain dan tali, kemudian melilit bayi pada area punggung dan leher dengan satu kain panjang yang berbeda agar bayi tetap dalam posisi duduk. Cara ini sudahbiasa dilakukan oleh orang Banjar agar bayi mereka cepat tertidur dengan lelap.

Foto: kompasiana.com

Cara yang satu ini ampuh sekali membuat bayi tertidur dengan cepat dan lelap , Trippers. Jika bayi mengantuk tetapi tidak mau tidur, Orang Banjar harus siap memukung bayinya, jangan khawatir sobat trippers bayi jika di pukung tidak akan meninggal.

Foto: youtube.com

Karena tradisi ini sudah ada sejak zaman nenek moyang yang sudah turun temurun dan belum pernah terdengar bayi meninggal karena di pukung, Trippers, hehehe. Tapi untuk memukung bayi perlu skill yang mumpuni agar bayi tetap merasa nyaman dan tetap aman. Karena kalau dilakukan tanpa belajar, bisa membahayakan bayi tersebut.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *