Mau Ciuman sama Orang Bali, ini Ritualnya

Trippers.id – Hai Trippers, siapa sih yang tidak kenal dengan Bali, pulau yang di beri gelar pulau Dewata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Di Bali yang paling terkenal adalah pantai Kuta, jika kita bertemu dengan orang luar negeri lalu kita tanyakan kepada mereka tentang Indonesia, pasti mereka akan mengatakan Bali, tahu sendirikan trippers, Bali sudah sangat terkenal di internasional.

Tidak hanya panorama alamnya yang terkenal di Bali
Tetapi juga adat budayanya loh trippers, jangan salah ya sobat trippers, kali ini trippers.id akan merangkum tentang kebudayaan Bali yang nyentrik nih, apa itu? Yuk, kita simak trippers.

Foto: liputan6.com

Di Bali ada tradisi yang unik dan lucu, namanya Omed-Omedan, yang artinya tarik menarik. Jika Trippers nonton acara ini kalian pasti akan tersenyum-senyum sendiri nih, apalagi kalau belum punya do’i alias jomblo. Di acara ini trippers akan menyaksikan ratusan anak muda Bali saling berciuman. Eh jangan negatif dulu ya trippers, jadi acara ini bukan untuk mengumbar nafsu, tetapi acara ini merupakan salah satu acara adat dimana kita bisa saling belajar tentang rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Omed-Omedan ini biasanya akan digelar setelah hari Raya Nyepi, desa yang masih merayakan Omed-Omedan ini salah satunya adalah desa Sesetan, Denpasar, Bali. Omed-Omedan ini diikut dengan perserta anak muda yang berusia 17-30 tahun, bahkan pemuda yang belum menikah pun juga bisa ikut berpartisipasi dalam acara adat Omed-Omedan ini. Ritual ini dilakukan dengan cara saling peluk dan tarik menarik secara bergantian antara dua kelompok muda mudi.

Foto: baligetaway.co.id

Dalam ritual ini muda mudi setempat dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok atau grup pria dan grup wanita. Sebelum ritual di mulai para peserta ikut upacara sembahyang di pura Banjar, ketika para peserta sembahyang mereka memohon kebersihan hati dan kelancaran ritual Omed-Omedan.

Nah trippers, menarik bukan budaya Bali, banyak ritual-ritual yang tidak kita ketahui tentang Bali. Jika ingin kesana pastikan datang sebelum hari Raya Nyepi ya trippers biar bisa langsung melihat ritual Omed-Omedan di Bali tepatnya di Desa Sesetan Denpasar Bali.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *