5 Masjid Tertua di Indonesia yang Sering Dikunjungi saat Ramadhan

Trippers – Agama Islam diperkirakan mulai masuk ke Nusantara sekitar abad ke-11. Sejak saat itu, Islam terus berkembang hingga menjadi agama terbesar di Indonesia.

Perkembangan Islam sendiri memicu banyaknya jumlah masjid yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya memiliki nilai sejarah lebih, karena menjadi yang tertua di Indonesia.

Masjid-masjid tertua di Indonesia ini bisa masuk dalam daftar wisata religi yang bisa kamu kunjungi, terutama jika pandemik virus corona telah berakhir.

1. Masjid Tua Al-Hilal Katangka

Foto : situsbudaya.id

Masjid Tua Al-Hilal Katangka berlokasi di Katangka, Gowa, Sulawesi Selatan. Masjid ini dibangun pada 1603 pada masa pemerintahan Raja Gowa XIV.

Katangka sendiri diambil dari nama jenis pohon yang dulu banyak tumbuh di lingkungan sekitar masjid Tua Al-Hilal.

2. Masjid Tuo Kayu Jao

Foto : id.wikipedia.org

Selanjutnya ada Masjid Tuo Kayu Jao yang berada di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Masjid ini masuk dalam salah satu cagar budaya di Sumatera Barat.

Berdasarkan sejumlah catatan, masjid ini dibangun pada 1599. Arsitektur Masjid Tuo Kayu Jao secara keseluruhan dipengaruhi corak Minangkabau. Masjid ini memiliki tatanan atap sebanyak tiga tingkat yang terbuat dari ijuk dengan ketebalan sekitar 15 cm.

3. Masjid Mantingan

Foto : bujangmasjid.blogspot.com

Masjid Mantingan didirikan oleh Kesultanan Demak pada 1559. Masjid ini berlokasi di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah.

Dulunya, masjid ini digunakan sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam di daerah pesisir utara Pulau Jawa. Gaya bangunan Masjid Mantingan sangat kental dengan gaya arsitektur China.

4. Masjid Agung Banten

Foto : id.wikipedia.org

Masjid kebanggaan masyarakat Banten, nih! Masjid Agung Banten namanya. Masjid Agung Banten dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin sekitar tahun 1552.

Masjid ini berada di kompleks bangunan masjid tertua di Desa Banten Lama. Atap bangunan utama yang bertumpuk lima seperti pagoda Tiongkok menjadi ciri khas utamanya.

5. Masjid Menara Kudus

Foto : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masjid Menara Kudus beralamat di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada 1549.

Menaranya yang berbentuk seperti candi menjadi salah satu keunikannya. Menara ini menggambarkan perpaduan budaya Islam dengan Hindu di masa lampau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *