5 Makanan untuk Teman Nonton Film di Rumah

Nonton film paling asyik ditemani oleh camilan. Jika dirasa bikin kenyangnya nanggung, kamu pilih saja kuliner sumpit yang dapat dibuat sendiri di rumah atau membelinya melalui aplikasi makanan online.

Sumpit sendiri adalah alat makan yang banyak digunakan di negara kawasan Asia Timur. Identik juga digunakan untuk menyantap hidangan yang terbuat dari berbagai jenis mi.

Dan berikut, ada tujuh rekomendasi kuliner sumpit khas berbagai daerah di Indonesia yang lezatnya bisa jadi pilihan santapan saat nonton film. Ada apa saja?

1. Mi gomak goreng

Foto : goo-resepku.blogspot.com

Siapa sih yang gak ngiler jika dihidangkan sepiring mi gomak goreng di depan mata? Kuliner sumpit asal Sumatera Utara, ini terbuat dari mi lidi yang dilunakkan dengan air mendidih kemudian ditumis bersama bumbu, serta isian yang terdiri dari daging atau seafood.

Yang menjadi ciri khas dari mi gomak yaitu keberadaan andaliman, bumbu khas Batak yang bikin rasa setiap masakan jadi terasa berbeda dan melekat sekali di lidah.

2. Mi goreng jawa

Foto : caramembuat.id

Kamu tim mi rebus atau mi goreng jawa? Apa pun pilihanmu semuanya tetap mantap sebagai santapan nonton film. Kuliner sumpit ini berbahan utama mi telur yang dimasak dengan bumbu sederhana serta mengandalkan manisnya kecap kedelai. Kamu akan mencium juga aroma telur dan ebi menari di depan hidung yang membangkitkan selera makan.

Punya rasa gurih, manis, dan sedikit pedas, resep mi ala Tanah Jawa ini biasa dilengkapi dengan sawi, kol, tomat, serta daging maupun bakso.

3. Mi belitung

Foto : phinemo.com

Tidak hanya kuliner sumpit non kuah saja, mi belitung pun mantap jadi santapan saat nonton film. Mi belitung berkuah kental karena terdapat tambahan tepung maizena. Tidak hanya itu, makin kuat aroma sedapnya berkat keberadaan kaldu udang.

Mi belitung dimasak dengan menggunakan mi basah atau mi kuning dengan pelengkap berupa udang, tahu goreng, kentang, timun, telur rebus, dan kerupuk. Supaya makin sedap, jangan lupa perasan jeruk limau.

4. Mi bancir

Foto : lifestyle.okezone.com

Mi bancir serupa dengan mi belitung, berkuah namun tidak terlalu penuh seperti mi rebus. Uniknya, kuliner sumpit asal Banjar yang lezat ini rasanya jadi beragam di lidah karena adanya saus tomat yang menjadi resep wajib pembuatan mi bancir.

Tidak hanya rasa, tekstur kuah mi bancir pun menjadi sedikit kental karena saus tomat. Kuliner sumpit ini biasanya disertai topping yang terdiri dari ayam suwir, telur rebus, irisan daun seledri, dan bawang goreng.

5. Mi cakalang manado

Foto : pesona.travel

Sulawesi Utara tidak hanya terkenal dengan olahan rica-rica yang pedasnya menampar lidah. Ada pula hidangan sumpit yang menghangatkan jiwa yaitu mi cakalang manado.

Jika biasanya kamu menikmati ikan cakalang dalam bentuk cakalang pampis. Mesti cobain juga mi cakalang manado yang terbuat dari mi telur, sawi, dan cakalang fufu yang dimasak berkuah. Penampakannya serupa dengan mi ayam, dan tidak kalah enak dari mi kuah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *