5 Wisata Favorit di Brunei

Negara yang mempunyai ibukota Bandar Seri Begawan ini memiliki 5 Wisata Favorit di Brunei yang wajib Anda kunjungi. Ya, Brunei Darussalam termasuk negara di Asia Tenggara yang landmark-nya adalah masjid. Jadi, wajar jika Anda menemukan masjid unik dan megah di sana. Berikut lokasi wisata terkenal Brunei.

1. Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah

Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah
photo via Flickr

Masjid ini merupakan masjid paling besar di Brunei. Dibangun guna memperingati pemerintahan Sultan Bolkiah Hassanil yang ke 25 tahun. Uniknya, Masjid James ‘Asr Hassanil Bolkiah ini mempunyai 29 kubah yang terbuat dari emas. Masjid ini mendapat julukan masjid Kiarong dari masyarakat lokal. Meskipun fungsi masjid adalah untuk beribadah sholat umat muslim, namun umat non-muslim pun diperbolehkan masuk setiap harinya, kecuali hari kamis.

2. Royal Regalia Building

Royal Regalia Building
photo via borneobulletin.com.bn

Bangunan ini ialah tempat untuk menyimpan koleksi sultan Brunei seperti mahkota, harta karun, dan kereta kerajaan. Kereta emas yang dipamerkan di Royal Regalia Buiding ini memiliki sejarah tersendiri, karena pernah mengiringi Sultan Brunei saat penobatannya sebagai Raja pada tahun 1967. Selain itu, masih ada koleksi lainnya seperti senjata-senjata milik kerajaan yang mempunyai nilai tambah. Yang paling membuat kagum adalah terdapat review historis tentang kehidupan sultan melalui foto keluarga, tulisan narasi, dan hologram.

Sebenarnya, museum Royal Regalia dulunya bernama Churchill’s Memorial Building. Nama ini diberikan karena Ayah Sultan mengagumi Winston Churchill. Lalu, tanggal 2 Desember 2017 namanya diubah menjadi Royal Regalia Museum. Jika Anda ingin mengunjungi bangunan ini silahkan menuju Jalan Sultan Bandar.

3. Museum Brunei

Museum Brunei
photo via TripZilla

Mirip Royal Regalia Building, objek wisata ini adalah sejenis tempat koleksi barang berharga. Perbedaannya, Museum Brunei dibangun untuk menyimpan barang bersejarah dan benda adat Borneo, seperti belati dan meriam antik. Koleksi lainnya berupa artefak dan benda temuan yang diperoleh dari bangkai kapal yang terletak di lepas pantai Brunei. Luas museum ini sekitar 48 hektar termasuk taman.

National Museum of Brunei ini terletak di Kota Batu dekat Bandar Seri Begawan. Museum ini telah mempublikasikan sebuah jurnal akademik, bernama “Jurnal Museum Brunei” pertama pada tahun 1969. Pembangunan dimulai pada 1968 dan selesai pada 1970. Perayaan pembukaan secara formal / formal opening dilaksanakan tanggal 29 Februari 1972 oleh Ratu Kerajaan Inggris, yaitu Ratu Elizabeth II.

4. Taman Nasional Ulu Temburong

Taman Nasional Ulu Temburong
photo via liawisata.com

Taman Nasional Ulu Temburong ialah taman nasional pertama Brunei Darussalam. Tahun 1991, taman nasional ini mulai dilindungi. Ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi wisata ini. Sebagai rekomendasi, Anda dapat melihat pemandangan indah berupa hutan hijau dari tempat dengan ketinggian 60 m lebih. Untuk mencapai kesana Anda harus melewati Canopy Walkway.

 

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien
photo via Shutterstock

Masjid yang terletak di ibukota Brunei ini adalah masjid termegah. Terdapat kubah emas dengan tinggi 52 m dan terdapat menara marmer. Tahun 1958, masjid Sultan Omar Ali Saifuddien selesai didirikan sebagai peringatan kelahiran Sultan Omar Ali Saifuddien 3. Tak tanggung-tanggung, masjid termewah ini memiliki 28 kubah dan dapat bersinar dalam gelap.

Masjid ini menjadi simbol tali silaturahmi umat muslim, situs sejarah, dan sebuah atraksi terkenal di kalangan para turis. Gaya arsitektur menyatukan arsitektur Mughal dan Malay serta didesain oleh Rudolfo Nolli. Materialnya diimpor dari luar negeri; marbel dari Italia, granit dari Shanghai, Kristal Chandeliers dari Inggris, dan karpet dari Saudi Arabia.

Sumber : Reni | gotravelly.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.