5 Trik Mendapatkan Liburan Gratis

Tidak banyak yang memahami bahwa liburan adalah kebutuhan dasar kita sebagai manusia. Karena bukan robot, kadang kamu mungkin merasa jenuh dengan rutinitas setiap hari.

Ketika bosan melanda, saat itulah kamu harus beralih sebentar dari kegiatan yang biasa dilakukan, entah itu bekerja atau belajar. Kamu bisa berlibur barang sehari atau dua hari.

Biasanya liburanmu akan terganjal oleh dua faktor, yaitu waktu dan uang. Giliran punya uang, kamu tidak punya waktu. Pas punya waktu luang, uangnya keburu habis. padahal kamu sudah lama menabung untuk liburan. Dibandingkan dengan waktu, uang lebih sering jadi kendala kalau ingin berlibur.

Lalu, muncul pikiran, “Kalau banyak uang, pasti enak bisa sering liburan kayak seleb.” Memang banyak selebriti yang bisa berlibur tanpa harus mengeluarkan uang sendiri sepeser pun. Pertanyaannya, kalau bukan seleb, apakah kita bisa liburan gratis?

Berikut 5 Trik mendapatkan Liburan Wisata Gratis

———————————-

Carilah Sponsor Endorsement

Sebagian seleb yang kamu anggap sering jalan-jalan itu sebetulnya di-endorse oleh perusahaan. Jadi, cara pertama yang bisa kamu lakukan supaya bisa liburan gratis adalah mencari sponsor atau endorser. Untuk bisa menggaet perusahaan yang akan meng-endorse liburanmu, kamu bisa memanfaatkan blog atau media sosial. Rajin-rajinlah menulis tentang apa saja. Kalau tulisanmu dibaca banyak orang, kemungkinan blog atau akunmu akan dilirik perusahaan untuk mengiklankan produk mereka secara halus atau biasanya disebut review atau ulasan.

Semakin sering kamu menulis ulasan, semakin besar peluang untuk mendapat endorsement dari berbagai perusahaan. Salah satunya, bisa saja biro perjalanan. Lalu, kamu ditawari liburan gratis atau minimal tiket pesawat gratis. Imbalannya kamu harus menulis cerita tentang liburan itu dengan menyebut nama perusahaan yang jadi sponsor di blog-mu. Asyik, kan?

Memanfaatkan Layanan Couchsurfing

Jika ada pihak yang berbaik hati memberikan tikep pesawat gratis untuk berlibur, jangan buru-buru menggerutu, “Katanya mau ngasih liburan gratis, tetapi yang ditanggung cuma tiket pesawat.” Jangan sampai juga kamu menolaknya. Kata orang bijak, rezeki jangan ditolak.

Terima saja tiket pesawat gratis itu. Selanjutnya, kamu tinggal memutar otak untuk mencari mencari tempat menginap selama liburan. Bisa saja sih kamu menawarkan diri untuk membuat ulasan tentang suatu hotel, tetapi sepertinya butuh waktu lama dan usaha ekstra.

Sebenarnya, istilah “memutar otak” itu berlebihan juga sih. Dengan perkembangan teknologi pesat sekarang, kamu bisa dengan mudah mencari tempat bermalam gratis. Salah satunya adalah memanfaatkan layanan situs web couchsurfing.com. Di situs itu kamu bisa bergabung dengan para petualang lain untuk saling tukar informasi tentang tumpangan di tempat tinggal masing-masing yang bisa digunakan secara cuma-cuma.

Di Couchsurfing, modal yang diandalkan para petualang adalah cuma rasa saling percaya. Meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati. Menginaplah di tempat orang yang sudah terverifikasi supaya lebih aman. Walaupun cuma tidur di sofa di rumah penduduk setempat, bisa dibilang cara ini lebih mengesankan ketimbang menginap di kamar hotel tetapi kesepian.

Ikut Kuis

Pantau terus informasi di akun-akun media sosial perusahaan yang berkaitan dengan pariwisata, seperti maskapai penerbangan, perusahaan pelayaran, dan agen perjalanan. Biasanya, mereka rutin mengadakan kuis berhadiah liburan gratis.

Kalau ada kuis seperti itu, coba saja karena kesempatan menang selalu terbuka. Biasanya, pertanyaan yang diajukan tentang tempat wisata, oleh-oleh khas daerah, atau ikon yang menjadi pembeda satu tempat dengan tempat lain. Agar bisa menjawabnya dengan benar, kamu harus berwawasan luas dengan banyak membaca. Tetapi, kalaupun tidak tahu, kamu bisa bertanya kepada Mbah Google.

Kamu juga harus mematuhi peraturan dalam kuis itu. Jangan sampai kamu didiskualifikasi karena tidak memenuhi salah satu ketentuan, padahal jawabanmu sudah benar. Akibatnya, kamu batal dapat liburan gratis. Kalau sudah begitu, kamu sendiri yang menyesal, bukan?

Ikut Pertukaran Pelajar

Cara yang satu ini pas banget buat kamu yang masih sekolah atau kuliah. Biasanya, program pertukaran pelajar ini diperuntukan bagi siswa atau mahasiswa berprestasi, bukan? Jadi, sambil menunggu kesempatan datang, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan cara rajin belajar. Selain itu, sering-seringlah mencari informasi, baik dari sekolah maupun kedutaan besar negara-negara asing.

Banyak universitas dan sekolah luar negeri membuka pertukaran pelajar saat musim panas dengan istilah “summer course”. Biasanya, ada tahap seleksi yang harus dilalui sebelum mengikuti program ini. Memang tidak mudah. Tetapi, kalau lulus, kamu bisa liburan gratis sekaligus menimba ilmu dan menambah pengalaman selama dua minggu sampai satu tahun di luar negeri.

Menjadi Au Pair

Bisa ditebak istilah “au pair” ini berasal dari bahasa Perancis. Tetapi apa hubungannya sama liburan gratis? Sebenarnya, bukan cuma sekadar bisa berlibur tanpa biaya, kamu juga bakal dapat upah kalau menjadi au pair.

Kamu akan tinggal di luar negeri selama satu sampai tiga tahun. Segala kebutuhan hidupmu di sana akan dipenuhi oleh keluarga angkat. Sebagai timbal balik, kamu harus melakukan beberapa pekerjaan yang dilakukan bersama keluarga itu. Biasanya, kamu diminta untuk menjaga anak-anak kecil di rumah yang kamu tumpangi.

Au pair sedang menjadi tren di kalangan anak muda di luar negeri. Ini menjadi salah satu cara mereka agar bisa berlibur gratis ke negara lain. Negara-negara di Eropa merupakan tempat favorit yang dijadikan tujuan au pair saat ini. Jumlah pengeluaran untuk au pair ini bergantung pada keluarga angkat di negara tujuan. Paling beruntung kalau kamu mendapat keluarga yang baik yang menanggung semua biaya.

——————————

by : bp-guide.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *