5 Spot Wisata Mandalika ini Wajib Dikunjungi

Mandalika adalah salah satu destinasi wisata super prioritas di Indonesia. Kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini rencananya  juga akan menjadi lokasi perhelatan bergengsi MotoGP, tepatnya pada bulan November mendatang.

Nggak hanya menawarkan ragam pilihan pantai eksotis, Mandalika juga menyimpan banyak tempat wisata menarik di dalamnya yang sayang banget untuk dilewatkan. Di mana saja? Kita cari tahu di bawah ini, yuk!

Pantai Seger

tempat wisata mandalika

Setiap tahun menjadi tempat digelarnya pesta adat Bau Nyale, membuat Pantai Seger akrab dengan wisata kebudayaan. Di sini, tepatnya pertengahan Februari dan Maret, ratusan warga berkumpul di pinggir pantai untuk memperingati pengorbanan Putri Mandalika, yang diwujudkan dengan cara menangkap cacing laut. Keunikan lain pantai ini terletak pada patung wanita dengan tiga pria yang disebut monumen Putri Mandalika.

Patung Putri Mandalika

tempat wisata mandalika

Nggak jauh dari Pantai Seger, kamu bisa menemukan Patung Putri Mandalika yang memiliki daya tarik tersendiri, khususnya bagi para wisatawan. Jika dilihat, patung ini menggambarkan seorang wanita yang tengah berusaha membebaskan diri dari jeratan tiga pria di belakangnya. Terlepas dari kisahnya, selama di sini, kamu bisa sepuasnya mengabadikan diri dengan berfoto sambil menikmati sunset yang cantik banget.

Pantai Batu Payung

tempat wisata mandalika

Dikenal sebagai pantai yang unik di Mandalika, Pantai Batu Payung populer karena terdapat sebuah karang besar yang mirip payung di pesisirnya. Menariknya lagi, pantai ini nggak memiliki hamparan pasir putih dan hanya terdiri dari batuan dan karang besar mirip payung. Sesekali, batu besar tersebut diterjang ombak laut yang deras sehingga menciptakan efek yang sangat memesona untuk kamu abadikan.

Desa Adat Sade

tempat wisata mandalika

Di Desa Sade, kamu bisa berinteraksi dengan penduduk asli Lombok, yaitu suku Sasak. Kamu juga dapat melihat langsung proses menenun kain di depan teras rumah mereka, memancing, dan menjala ikan. Uniknya, semua bangunan rumah di desa ini masih sangat tradisional dengan atap rumah yang terbuat dari ijuk, tembok dari anyaman bambu (tanpa paku), dan lantainya masih beralaskan tanah.

Bukit Merese

tempat wisata mandalika

Keberadaan Bukit Merese nggak boleh dilewatkan! Meski membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk naik ke puncak bukit, namun lelah kamu akan langsung terbayar oleh cantiknya panorama Mandalika dari ketinggian. Garis Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta serta gradasi warna biru air lautnya semakin memanjakan mata kamu. Ditambah lagi, rerumputan hijau dan semilir angin laut yang siap menyambut kedatangan kamu.

Oleh : Triq Purnamasari | pegipegi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *