5 Makanan Khas Lampung Wajib Dicoba

Makanan khas Lampung cenderung memiliki rasa yang gurih dan pedas. Salah satu makanan yang populer di daerah ini adalah tempoyak yang dibuat dengan campuran durian.

Selain itu, ada juga makanan khas Lampung yang terkenal pedas yakni seruit. Orang Lampung sering mengolah bumbu seruit dengan campuran tempoyak dan dimakan bersama dengan lauk ikan goreng hingga sayuran.

Makanan khas Lampung lainnya juga ada gulai balak, kue lapis legit hingga engkak ketan. Tertarik mencicip sajian makanan khas Lampung?

Berikut beberapa makanan khas Lampung yang wajib kamu coba:

1. Seruit

seruitseruit Foto: Istimewa


Seruit merupakan makanan khas Lampung yang selalu disajikan dalam perayaan acara besar seperti pernikahan, acara adat hingga acara besar lainnya. Seruit dibuat dari ikan yang dibakar kemudian dicampur dengan beberapa bumbu seperti bawang merah, cabai, terasi, garam, gula putih, manggakweni serta tomat.Seruit ini makin enak dimakan dengan sepiring nasi putih hangat.


Untuk ikan, seruit memakai ikan air tawar seperti belida, baung, layis, mas, atau patin. Ikan ini bisa disajikan terpisah dengan sambal seruit, dibaluri sambal, atau disuwir-suwir lalu dicampurkan ke dalam sambal.

2. Gulai Tempoyak

gulai kepala ikan
gulai dengan campuran tempoyak. Foto: istimewa


Gulai tempoyak juga menjadi salah satu makanan khas Lampung yang dibuat dari daging durian matang. Selain daging durian, tempoyak juga dibuat dengan sedikit garam dan difermentasi dalam wadah kedap udara selama 3 hari.

Sensasi asam dan pedas dari tempoyak ini bisa diolah dengan menjadi sajian gulai. Sajian gulai yang umum di Lampung adalah dibuat dengan ikan patin. Bumbu yang dicampurkan juga terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai serta kunyit yang sudah dibakar.

3. Gulai Balak

Gulai bebek, Curry duck Traditional Indonesian Cuisine
gulai balak. Foto: iStock


Pecinta pedas tentunya wajib mencicip kuliner khas Lampung ini. Gulai balak ialah masakan khas daerah Lampung yang dibuat dari campuran santan kelapa, cabai serta daging sapi atau kambing. Gulai ini memiliki cita rasa yang khas karena dibuat dengan campurankapulaga, pekak, biji pala, cengkeh hingga cabai, bawang merah dan bawang putih.

Gulai balak sering disajikan saat Lebaran dan enak disantap dengan ketupat. Tertarik mencoba?

4. Pindang Patin

pindang patin
pindang patin Foto: Instagram


Kuah pindang patin tentu menjadi makanan favorit orang Lampung. Mirip dengan sajian khas Palembang, di Lampung juga ada pindang patin yang nikmat. Cara membuatnya adalah dengan memasak ikan patin segar dengan racikan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun salam hingga belimbing sayur.

Jenis ikan pindangnya juga beragam, ada ikan pindang patin berkuah bening hingga yang dicampur dengan tempoyak.

5. Gabing

makanan lampung
makanan lampung Foto: Istimewa


Gabing merupakan makanan khas Lampung yang terdiri dari batang kelapa muda yang dipotong dan direbus.Gabing sering dimasak dengan campuran santan sehingga rasanya gurih. Untuk menambah cita rasa, biasanyagabing juga ditambahkan dengan potongan daging.

Sumber : https://food.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *