5 Lokasi Wisata Keren di Budapest, Hongaria

Budapest, ibu kota Hongaria, merupakan salah satu kota tercantik di Eropa dan rumah dari sejumlah situs warisan dunia UNESCO. Kota metropolis ini tetap mempertahankan sejarah dan warisan budayanya lewat berbagai bangunan kuno, museum, hingga memorial, yang membuat Budapest menjadi salah satu destinasi wisata menarik.

Setiap tahunnya, Budapest menarik sedikitnya 20 juta pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Ingin tahu apa saja tempat menarik yang bisa Anda kunjungi saat ke Budapest?

1. Buda Castle

sumber: freebudapest tour

Istana Buda ini merupakan sebuah kompleks istana sangat luas yang terletak di atas bukit. Istana yang dibangun antara tahun 1247-1265 ini sebenarnya sempat mengalami berbagai perubahan. Masa keemasan istana tersebut adalah saat Raja Matthias Corvinus menikah dengan Beatrice dari Napoli, Italia pada 1476. Banyak seniman Italia yang menyumbangkan keahliannya untuk mendekorasi istana tersebut.

Pada era Perang Dunia II, Istana Buda mendapat serangan bertubi-tubi hingga rata dengan tanah dan harus dibangun ulang. Kini, istana tersebut menjadi salah satu situs warisan dunia dan menjadi tempat bersejarah yang menjadi daya tarik para turis.

Ada sejumlah paket tur yang ditawarkan bagi turis yang ingin berkunjung ke sini. Anda bisa memilih tur dengan bus yang berkeliling di kompleks istana atau mengikuti walking tour mengelilingi istana sekaligus Matthias Church dan Fisherman’s Bastion yang termasuk dalam distrik Istana Buda. Harga paket tur tersebut bervariasi mulai dari €10 hingga €40.

2. Fisherman’s Bastion

(Sumber: Andhina Wulandari)

Jika ingin melihat pemandangan Kota Budapest dari ketinggian, maka Anda bisa mengunjungi Fisherman’s Bastion, yang merupakan bagian dari distrik Istana Buda (Buda Castle). Menara pengintai yang dibangun pada tahun 1895 hingga 1902 ini merupakan tempat yang menyajikan panorama terbaik Budapest.

Fisherman’s Bastion memiliki tujuh menara yang menggambarkan tujuh suku Magyar, suku asli di Hongaria. Dinding Istana Buda dulunya dilindungi para nelayan, itulah mengapa bangunan tersebut dinamakan Fisherman’s Bastion.

3. Matthias Church

sumber: travelyespleaseTak jauh dari Fisherman’s Bastion, terdapat Matthias Church atau Gereja Matthias, sebuah gereja Katolik Roma yang awalnya dibangun pada 1015. Gereja tersebut dikonstruksi ulang menggunakan gaya Gothic pada abad ke-14 dan direstorasi kembali pada akhir abad ke-19. Awalnya gereja ini dimakan The Church of Mary tapi kemudian namanya diubah menjadi Matthias sesuai nama Raja Matthias yang berkuasa pada tahun 1458.

Banyak kejadian bersejarah bertempat di gereja ini, salah satunya penobatan Raja Charles IV pada 1916, yang merupakan kaisar terakhir Austria dan raja terakhir Hongaria. Gereja ini juga sempat digunakan sebagai tempat berlindung oleh tentara Jerman dan Soviet pada tahun 1944-1945 saat pendudukan Soviet di Hongaria.

4. Gellért Hill

sumber: budapesttimes

Bukit Gellért ini dinamai berdasarkan seorang uskup bernama Gerard (Gellért) yang dilempar dari bukit hingga tewas oleh kaum pagan saat perang melawan agama Kristen pada tahun 1046. Patung sang uskup yang sedang memegang salib kemudian dibangun menghadap Jembatan Elizabeth. Patung ini bisa dilihat dari berbagai sudut wilayah Pest.

Di puncak bukit terdapat Citadel (Citadella), sebuah benteng yang dibangun oleh Dinasti Habsburg setelah mengalahkan Hongaria pada perang tahun 1849. Di tempat ini berdiri Patung Liberty (kebebasan) yang dibangun pada 1947 untuk menandai berakhirnya pendudukan Nazi Jerman setelah Perang Dunia II.

5. City Park

sumber: nationalgeographic

City Park merupakan taman hijau terbesar di Budapest dan tempat dari beragam atraksi menarik bagi para turis. Salah satu atraksi menariknya adalah Szechenyi Medicinal Bath atau kolam pemandian air panas. Di kolam pemandian air panas terbesar di Eropa ini, Anda tidak hanya bisa mendapatkan manfaat kesehatan, tapi juga bisa menikmati gaya arsitektur baroque yang mewah.

Tak hanya itu, di taman ini juga terdapat Zoological and Botanical Garden, Museum Transport Budapest, dan Tivoli Pleaseure Park, serta Kastil Vajdahunyad yang dibangun pada abad pertengahan.

Oleh : ANDHINA WULANDARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *