5 Gunung di Garut dengan Pesona Lautan Awan

Garut adalah kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai beragam lanskap alam, dari gunung hingga lautan. Bicara tentang gunung di Garut memang ada banyak, namun hanya ada 5 gunung yang menawarkan view lautan awan di Garut.

Apa saja kelima gunung tersebut? Simak kelima gunung di bawah ini untuk referensi liburan kamu dengan indahnya lautan awan di Kabupaten Garut. Urutan gunungnya dimulai dari yang tingginya rendah.

  1. Guntur Guntur
Foto : gunung.id

Selanjutnya ada Gunung Guntur yang merupakan tetangganya Gunung Putri. Berketinggian 2.249 mdpl, untuk menuju puncak Guntur kamu harus mendaki dulu dengan perjalanan yang tidak mudah. Karena kamu harus melewati jalur yang berpasir, menanjak, dan gersang.

Namun kelelahanmu bakal terbayar ketika sudah mencapai puncaknya. Kelelahanmu bakal terbayar dengan lautan awan, lanskap Kota Garut, dan lanskap pegunungan di Garut.

  1. Gunung Sagara
Foto : jabar.idntimes.com

Lalu ada gunung yang terletak di timur laut Kabupaten Garut, yaitu Gunung Sagara. Berketinggian 2.132 mdpl, dari puncak Sagara kamu bisa melihat indahnya lautan awan beserta Kawah Talaga Bodas di bawahnya.

Walaupun tidak terlihat jelas lanskap kota Garut karena tertutup rimbunan pohon, namun dari puncak Sagara kamu bisa melihat lanskap Kota Tasik lho!

  1. Gunung Putri
Foto : www.kompasiana.com

Yang pertama ada Gunung Putri yang terletak di Kecamatan Tarogong Kaler dan dekat dengan Gunung Guntur. Gunung Putri merupakan yang termudah akses ke puncaknya karena hanya berketinggian 1.434 mdpl. Berjalan menuju puncaknya hanya membutuhkan waktu beberapa puluh menit dari tempat parkir kendaraan.

Dari puncak Gunung Putri, kamu bisa melihat lanskap kota Garut dan lautan awan jika cuaca sedang cerah.

  1. Gunung Papandayan
Foto : cultura.id

Selanjutnya adalah Gunung Papandayan yang titik tertinggi gunungnya ada pada ketinggian 2.665 mdpl. Walau Gunung Papandayan ini lebih dikenal dengan kawah, hutan mati, dan bunga edelweissnya; namun Papandayan juga menyuguhkan view lautan awan yang tak kalah menawan.

Kamu bisa melihat lautan awan, lanskap Garut, dan view Gunung Cikuray di spot sunrise bernama Ghober Hoet di Papandayan.

  1. Gunung Cikuray
Foto : dailyvoyagers.com

Lalu yang terakhir ada yang gunung tertinggi di Garut yaitu Gunung Cikuray. Gunung Cikuray menyuguhkan view lautan awan yang sangat luas dan tebal di puncak gunungnya yang kerucut dan berketinggian 2.821 mdpl. Walau berada di tengah-tengah Kabupaten Garut, dari puncak Cikuray ini terlihat lanskap Kota Tasik saat cuaca cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *