Lacak, Simbol Kegagahan Lelaki Jambi

Trippers – Identitas melayu pada Provinsi Jambi sangat kental terlihat, terutama dari busana khasnya. Salah satunya adalah ikat kepala khas Jambi.

Disebut dengan nama lacak (baca: laca’), ikat kepala khas Jambi ini terbuat dari beragam kain, mulai dari songket, kain polos sampai campuran polos dan batik. Lacak memiliki kekerabatan dengan tanjak, karena memang pada dasarnya lacak merupakan tanjak dengan jenis ayam patah kepak.

Foto: indonesiatripnews.com

Menyesuaikan dengan dialek masyarakat Jambi kemudian tanjak berubah menjadi lacak yang berarti kacak atau gagah. Lacak menjadi simbol kejantanan dan kesetiaan lelaki Jambi, sebab makna ayam patah kepak pada bentuk lacak sendiri berarti pejantan yang sudah tidak lagi bisa terbang sebab sudah memiliki ikatan atau tambatan (pernikahan).

Lacak kini tidak lagi berhenti menjadi aksesoris pakaian adat, melainkan sudah berkembang menjadi tren busana pemuda Jambi. Tak hanya pada acara adat saja, lacak kini sudah digunakan oleh pemuda saat mereka bepergian wisata atau menghadiri acara keluarga hingga perayaan hari raya.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *