5 Kuliner Khas Maluku Utara

Trippers – Mencoba makanan yang berbeda membuat kamu sangat tertarik bukan? Karena rasa masakannya pasti juga berbeda tidak seperti makanan yang kamu makan setiap harinya. Oleh karena itu jika kamu liburan atau hanya sekedar berkunjung ke Ternate Maluku Utara, sebaiknya mencoba makanan khas Ternate Maluku Utara.

Siapa sangka kalau makanan khas Ternate Maluku Utara sangat disukai oleh wisatawan yang berkunjung kesana. Memang rasa masakannya berkualitas sekali, sampai membuat orang lupa dalam menyantap makanannya. Sekali makan disana kamu bisa menghabiskan porsi besar, karena terlalu enaknya menyantap Makanan khas Ternate Maluku Utara.

Apa aja tuh? berikut ulasannya!

1. Ikan kuah pala banda

Foto : correcto.id

Makanan khas Ternate Maluku Utara yang pertama ada ikan kuah pala banda. Makanan ini sangat terkenal dengan bumbu rempah yang digunakan. Bumbunya sangat lezat karena terbuat dari bahan pala, rempah-rempah, merica, dan cabe. Kamu bisa memakannya dengan nasi putih selagi hangat. Biasanya masakan ikan ini dinikmati dengan lainnya seperti sambal bekasang dan ulang-ulang. Kamu sangat beruntung jika bisa memakan ikan kuah pala banda, karena dulunya masakan ini disajikan khusus sebagai hidangan paling istimewa untuk makanan perjabat Belanda.

2. Ikan asap

Foto : surabaya.tribunnews.com

Selanjutnya makanan khas Ternate Maluku Utara ada ikan asap. Sesuai dengan namanya ikan ini diolah dengan cara diasapi. Ikan yang digunakan biasanya ikan tuna dan cakalang. Masyarakat lebih memilih jenis ikan tersebut karena dagingnya tahan lama ketika diasap. Makanan ini sangat sederhana namun cita rasanya sangat mewah. Tidak bisa dipungkiri bahwa rasanya begitu enak.

Biasanya ikan asap disantap dengan nasi, sambal colo-colo, dan kerupuk. Sensasi rasanya lebih enak sekali, kalau dimakan dengan sambal. Makanan ini awet bisa tahan selama 7 hari, bila kamu ingin membawa ikan asap untuk dibawa pulang maka bisa saja. Asalkan kamu menyimpannya ditempat box khusus ikan agar baunya tidak mengganggu orang sekitar kamu.

3. Gatang kenari

Foto : makanandimaluku.blogspot.com

Makanan Khas Maluku yang lainnya adalah gating kenari. Gating kenari sangat populer di Maluku Utara dengan nama ketam kenari. Dalam bahasa Indonesia olahan ini adalah olahan kepiting kenari.

Di Maluku terdapat banyak kepiting kenari. Disebut sebagai kepiting kenari karena hewan darat yang satu ini mampu mengupas kelapa. Kepiting kenari juga memiliki rasa yang lebih gurih dari pada kepiting lainnya.

Gatang kenari diolah menjadi kering dan diberi bumbu pedas. Oleh karena itu, gating kenari ini sangat cocok untuk dijadikan lauk makan.

4. Papeda

Foto : merahputih.com

Papeda merupakan makanan yang terbuat dari bahan tepung sagu. Bentuk papeda kental, lengket seperti lem namun, banyak yang menyukainya. Papeda tidak dimakan langsung, biasanya dimakan dengan ikan tongkol dan kuah mubara. Keunikan yang dimiliki oleh makanan papeda yaitu tentang cara makannya. Caranya dengan menyeruputnya langsung dari mangkuk atau piring. Bila Anda kesulitan, Anda bisa menggunakan sumpit dan sendok saja.

5. Nasi lapola

Foto : merahputih.com

Makanan pokok nasi lapola dikonsumsi setiap hari. Nasi lapola sangat digemari oleh masyarakat Maluku sehingga Anda wajib merasakannya juga. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi lapola yaitu ada parutan kelapa muda, kacang tolo, dan beras. Nasi lapola disajikan ketika hangat dengan olahan ikan teri, tongkol basah, lalapan mentah dan lauk lainnya. Nikmat sekali makan nasi lapola tersebut, segera nikmati makanannya di Maluku.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Terkenal Citarasanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *