Keunikan 5 Tradisi Adat Indonesia

Trippers – Indonesia terkenal dengan beragam adat dan budaya disetiap daerah dengan ciri khas tradisinya masing-masing. Keunikan dari setiap tradisi yang ada membuat Indonesia menjadi magnet bagi turis lokal sendiri maupun turis asing.

Berikut beberapa tradisi unik dari beberapa daerah di Indonesia.

1. Kebo-keboan di Banyuwangi, Jawa Timur

Foto : news.detik.com

Tradisi ini dilakukan masyarakat Banyuwangi khususnya suku Osing untuk memohon kesuburan sawah dan hasil panen yang melimpah. Tradisi ini dilakukan setiap 10 Muharram atau Suro.

2. Ikipalin di Papua

Foto : www.boombastis.com

Ikipalin salah satu tradisi yang sangat unik dan ekstrem, karena dalam tradisi ini masyarakatnya memotong jarinya ketika ada anggota atau kerabat yang meninggal untuk mencegah malapetaka yang membuat nyawa hilang terulang kembali.

3. Tatung di Singkawang, Kalimantan Barat

Foto : kumparan.com

Untuk meramaikan Cap Go Meh Singkawang, Masyarakat Singkawang melakukan tradisi ini. Tatung memiliki makna roh dewa dari bahasa Hakka. Salah satu ritual yang dilakukan adalah puasa makan daging setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulannya dalam tanggalan Tiongkok.

4. Titi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Foto : news.okezone.com

Suku Mentawai memiliki tradisi menato yang disebut Titi, proses menato disini pun tidak semudah pada umumnya, karena membutuhkan persiapan berbulan-bulan dan harus mengadakan ritual upacara yang dipimpin dukun adat. setelah itu tuan rumah pun diharuskan mengadakan pesta dengan menyembelih babi atau ayam.

Tato disini memiliki makna sebagai identitas dan jati diri suku Mentawai Trippers oleh karena itu tidak heran jika
persiapannya cukup unik.

5. Omed-omedan di Bali

Foto : travel.detik.com

Tradisi ini dilakukan untuk menyambut pergantian Tahun Baru Caka. Acara ini sudah dilakukan sejak abad ke-18 Masehi. Tradisi ini hanya boleh dilakukan anggota baru masuk perguruan tinggi hingga yang belum menikah. Bagi yang sedang berhalangan dilarang untuk ikut serta.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *