Kamu Harus Tahu! Kepanjangan dari 5 Kuliner Bandung ini

Trippers – Bandung dikenal sebagai daerah yang banyak menyumbangkan kuliner khas daerah. Terbukti dengan dinobatkan Bandung sebagai Kota Kuliner Kreatif. Penamaan tersebut bukan tanpa alasan, karena memang kuliner di Bandung bukan hanya lezat dan nikmat rasanya. Kuliner khas Bandung terkenal karena memiliki nama-nama unik yang berasal dari singkatan tentang kuliner itu sendiri.
Penasaran kan Trippers, apa saja sih kuliner Bandung tersebut beserta kepanjangannya? Yuk langsung saja kita simak!

1. Cuangki

Foto: zomato.com

Cuangki adalah kuliner seperti bakso dengan tambahan tahu dan pilus. Meski kini sudah banyak pedagang cuangki yang memiliki kedai dan menetap. Pada hakikatnya cuangki sendiri merupakan singkatan dari “Cari Uang Jalan Kaki” karena dulunya memang cuangki dijajakan dengan cara dipikul keliling.

2. Colenak

Foto: dapurngebut.com

Kuliner yang terkenal dengan rasa manisnya yang menggiurkan ini berbahan dasar peuyeum yang dibakar. Selain peuyeum bakar yang sudah lezat colenak bakal ditambah dengan kuah dari Gula Jawa yang dicairkan.

Sesuai dengan bentuknya, penamaan colenak yang berarti “dicocol enak” ini menandakan colenak akan makin lezat saat dicocol dengan kuahnya yang manis.

3. Aci-acian

Foto: piknikdong.com

Kuliner yang satu ini adalah kuliner favorit semua orang khususnya perempuan nih, Trippers. Apalagi kalau bukan aci-acian. Aci-acian yang dimaksud di sini adalah cireng, cimol, cilor dan cilok.

Nama-nama dari kuliner ini memang hampir mirip, yang menjadi pembeda hanyalah proses pembuatannya, Trippers.

Sesuai nama mereka, cireng berarti aci (sagu) digoreng, cimol berarti aci digemol, cilor berarti aci dicelor, dan cilok yang berarti aci dicolok.

4. Comro

Foto: id.tasetemade.com

Sepintas mirip dengan kroket ya, Trippers. Selain bentuknya yang mirip bahan pembuatan comro juga mirip dengan kroket yaitu dari parutan singkong.

Namun bedanya dengan kroket ada pada isiannya. Sesuai namanya, comro yang berarti “oncom di jero” memiliki isian beruba sambal oncom yang lezat.

5. Batagor

Foto: umroh.com

Tentu kita tahu dengan kuliner jalanan ini ya, Trippers. Kuah kacangnya yang menggugah selera disiram di atas tahu dan baksonya yang gurih, beuh jadi ngiler nih hehe. Ternyata, Trippers penamaan batagor sendiri sesuai dengan bentukan kuliner ini loh. Dimana bakso dan tahunya digoreng. Yups, batagor merupakan singkatan dari “bakso tahu gore” bukan bata goreng ya, Trippers.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *