Ini 5 Makanan khas Bengkulu, Salah satunya favorit Presiden Soekarno.

Trippers – Kota dengan sebutan Bumi Rafflesia ini ternyata tak hanya mengandalkan ikon bunga Rafflesia Arnoldinya yang indah, namun juga memiliki pesona kulinernya yang membuat perut para wisatawan menjadi lapar setiap membayangkannya.

Banyak ragam masakan khas Bengkulu yang lezat, bahkan ada pula masakan yang menjadi makanan kesukaan presiden Indonesia pertama yaitu Presiden Soekarno. Mau tahu apa saja Makanan khas Bengkulu yang tentunya bikin perutmu nagih? Yuk langsung saja kita simak!

1. Pendap

Foto: bengkuluinteraktif.com

Masakan yang mirip dengan pepes ikan ini merupakan makanan yang tidak boleh kamu lewatkan. Dengan bahan dasar ikan yang diberi bumbu campuran bawang putih, cabai, kelapa parut dan kecur yang dihaluskan membuat masakan ini memiliki cita rasa yang khas.

Selain itu, bungkusan pendap tidak menggunakan daun pisang seperti pepes ikan lain. Orang Bengkulu lebih memilih menggunakan daun talas sebagai pembungkus pendap. Ini dianggap dapat menambah kelezatan Pemda saat dimasak.

2. Lemang Tapai

Foto: foodnesia.net

Lemang jika disajikan dengan dagin atau lauk lain seperti ikan maupun ayam sudah menjadi hal yang lumrah, bukan? Namun di Bengkulu kamu akan menemukan sesuatu yang unik.

Lemang tapai bukan sekedar kiasan belaka, karena memang lemang yang sudah dimasak akan disantap dengan lauk tapai ketan. Kamu bisa merasakan cita rasa gurih dan manis berpadu menjadi satu dalam mulutmu loh.

Jika kamu ingin variasi yang lebih menantang, kami bisa menggantikan tapai ketan hitam dengan menggunakan durian sebagai lauknya.

3. Bagar Hiu

Foto: foodnesia.net

Ikan hiu makan tomat. Jangan dilanjutin ya, karena ikan hiunya kali ini bakal diubah menjadi Bagar Hiu, hehehe.

Bagai hiu ini merupakan gulai khas Bengkulu yang dibuat menggunakan bahan utama yaitu ikan hiu tanduk. Cita rasa pedas gurihnya dan kelezatan daging ikan hiu membuat Presiden Soekarno jatuh cinta dengan Bagar hiu pada saat diasingkan di Bengkulu.

4. Kue Tat

Foto: shopee.co.id

Nama kue ini memang kue Tat, bukan tar atau tart. Kue tat sudah ada sejak zaman kesultanan Bengkulu loh. Dahulu kue tat hanya disajikan untuk kalangan bangsawan saja.

Kue yang serupa tart, namun diberi adonan tepung sebagai hiasan mirip kue pak ini memiliki rasa manis yang khas. Kue ini cocok menjadi oleh-oleh keluarga jika pulang dari Bengkulu.

5. Rebung Asam Undak Liling

Foto: momsodell.com

Bagi kalian yang suka atau pernah makan rebung, pasti kurang nyaman dengan aroma rebung yang apek bukan? Tapi hal tersebut tidak akan kita temui pada masakan Bengkulu yang satu ini.

Pada rebung asam undak liling, rebung akan direndam beberapa hari terlebih dahulu untuk menghilangkan bau apek tersebut. Setelah melalui proses perendaman rebung akan dimasak kuah gulai bersama liling atau siput runcing berwarna hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *