Halal dan Lezat, ini 5 Kuliner Turki yang wajib Kamu Coba!

Trippers – Turki merupakan sebuah negara yang berada di timur tengah dan siapa sih yang tidak kenal dengan Turki, yang terkenal dengan wisata balon udaranya. Jika kamu berwisata ke Turki, kamu juga harus mencicipi kulinernya yang lezat. Apa saja itu? Roti? Sambal? Atau gulai? Daripada nebak-nebak langsung saja kita simak ulasannya.

1. Baklava

Foto : www.foodnetwork.com

Kue khas Turki yang satu ini dinobatkan sebagai kuliner khas yang tetap bertahan keasliannya sejak pertama ditemukan. Citarasa baklava merupakan rasa manis yang unik sebab roti yang adonannya di tumpuk berlapis-lapis ini diberi isian kacang dan dilumuri sirup atau madu pada atasnya.

Kamu akan merasakan sensasi lembut namun tetap renyah pada bagian luarnya saat menyantap roti khas Turki ini.

2. Borek

Foto : www.theguideistanbul.com

Hampir mirip dengan baklava, kuliner khas Turki ini memiliki isian yang divariasikan mulai dari coklat, keju, daging namun bukan isian kenangan bersamanya ya.

Proses pembuatan borek agak sedikit berbeda dengan baklava. Pasalnya adonan borek akan direbus terlebih dahulu barulah kemudian dipanggang, sehingga teksturnya dominan lembut di mulut.

3. Dondurma

Foto : gayahidup.dreamers.id

Kamu pasti suka melihat jajanan di pinggir jalan yang menyajikan es krim Turki. Ya, itu adalah Dondurma. Es krim yang terkenal dengan penjualnya yang sering iseng ini memang benar adanya di Turki. Pasalnya dondurma memiliki tekstur yang lumayan lengket dan liat sehingga es krim tidak mudah hancur dan leleh.

Meski begitu, kamu tetap mudah untuk memakannya kok, jangan membayangkan kalau makan es krim ini kamu akan mengunyahnya seperti permen karet ya.

4. Kumpi

Foto : makanankhasturki.blogspot.com

Kentang panggang yang diberi olesan mentega kemudian diberi krim putih di atasnya dan diberi taburan jagung manis.

Membayangkannya saja sudah membuat ngiler ya, Trippers. Kuliner yang satu ini adalah kumpi, kuliner khas Turki yang bisa kamu temukan di Ortakoy, Istanbul, Turki.

5. Boza

Foto : lifestyle.okezone.com

Kamu suka minuman fermentasi? Kamu harus mencoba mencicipi boza dari Turki ini. Minuman yang terbuat dari biji gandum yang difermentasi ini memiliki rasa unik yang manis namun agak asam. Meski ini minuman fermentasi, kadar gula alkoholnya hanya 1% loh Trippers. Boza akan memberikan sensasi hangat pada badanmu seperti minum air tape, jadi disarankan untuk minum boza pada musim dingin ya, Trippers.

Bagaiamana sobat Trippers, menggugas selera bukan ?, di Turki selain kita bisa menikmati tempat wisatanya cocok juga bagi pecinta kuliner untuk mencoba dan menikmati kuliner-kuliner Turki ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *