Dubes Sukmo Harsono : Siap Promosikan Wisata Lokal Indonesia

Trippers – Hai Trippers, pada tanggal 23 November 2020 yang lalu, Tim Redaksi berkesempatan untuk berbincang dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Panama merangkap Republik Honduras, Republik Kosta Rika dan Republik Nikaragua yaitu Bapak Sukmo Harsono melalui salah satu aplikasi online meeting.

Wawancara eksklusif yang diadakan oleh PVK Group kali ini dihadiri oleh Ibu Umi Kalsum selaku CEO dari PVK Group, Kusmanto (Pemred Pariwisataindonesia.id), Kang Wawan (Pemimpin Umum Trippers.id) sebagai moderator, Ibu Nilia Andrini (Pemred IndonesiaTraveler.id), serta aku sendiri, Dian Puspita Sari (Pemred Trippers.id).

Tapi sebelumnya, kamu perlu tahu deh mengenai Republik Panama, yang merupakan sebuah negara yang terletak di Tenggara Amerika Tengah, sebelah Utaranya berbatasan dengan Laut Karibia, di selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik, di bagian Timur berbatasan dengan Kolombia dan di sebelah Barat dengan Kosta Rika. Statusnya sebagai negara transit menjadikan Panama sebagai awal titik pertemuan budaya dari seluruh dunia.

Pak Sukmo panggilam akrab nya, yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PBB itu pun mengawali perbincangan kali ini dengan mengungkapkan pesan dari Presiden Jokowi, saat Pak Dubes akan mulai bertugas.

“Dalam arahannya, Presiden memberikan tugas atau misi kepada para Duta Besar Indonesia antara lain, misi diplomasi ekonomi, misi dalam melindungi warga negara Indonesia di luar negeri serta misi diplomatik politik dalam mempertahankan politik Indonesi yang bebas aktif.”

“Diplomasi ekonomi sendiri menyangkut banyak hal, salah satunya dalam bidang pariwisata. yang mana Presiden memerintahkan kami untuk sebisa mungkin menarik turis dari negara Panama dan negara di sekitarnya yaitu, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua untuk berbondong-bondong datang berkunjung ke Indonesia,” ungkap Pak Dubes.

Dalam interview kali ini, Pak Dubes didampingi oleh Bapak I Nyoman Try Sutrisna penanggungjawab bidang Penerangan, Sosial dan Budaya.

Bapak Nyoman menambahkan bahwa, promosi wisata Indonesia sudah dilakukan dari awal kedatangannya di Panama sejak tahun 2018. Promosi yang telah dilakukan salah satunya berupa lomba karya tulis. Yang bertujuan untuk memancing masyarakat luas di negara Panama, Honduras, Kosta Rika dan Nikaragua untuk dapat melakukan riset tentang Indonesia.

Promosi ini bersifat terbalik, dimana biasanya kita yang aktif mempromosikan, akan tetapi kali ini mereka yang akan aktif mencari info tentang Indonesia. Dengan harapan, saat mereka melakukan penelitian tentang Indonesia, mereka akan menjadi lebih tahu tentang Indonesia dan timbul keinginan untuk berkunjung.

Dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia, KBRI Panama membuka kegiatan “Open House KBRI” pada sore hari setiap satu bulan sekali yang ditujukan kepada masyarakat umum. Nantinya akan diberikan pemaparan dengan bebagai konten tentang Indonesia, bisa tentang konten Pariwisata, produk-produk asli Indonesia dan lain sebagainya.

Nah, untuk lebih memperkenalkan kuliner di Indonesia sendiri, Pak Dubes Sukmo mengatakan bahwa akan butuh pendekatan yang “lebih” kepada masyarakat Panama dan negara sekitarnya dalam mengenalkan kuliner Asia, karena di Panama sendiri untuk bidang kuliner masih mengacu pada kuliner asli Amerika.

Pak Dubes juga memiliki beberapa kuliner favoritnya sendiri antara lain bakso, nasi goreng kambing, soto dan juga tidak ketinggalan gulai kambing.

Pak Dubes kita yang satu ini ternyata adalah seorang yang sangat hobi bekerja, dan memang sangat mencintai pekerjaannya. Selama waktu dan pekerjaan masih ada, serta fisik masih fit, maka beliau pasti kn menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja.

Namun, Bapak Sukmo Harsono ternyata memiliki kebiasaan lain yang seru juga loh, seperti seringkali beliau pergi untuk menikmati pantai atau pergi mendaki gunung, saat waktu luang.

Pak Dubes memiliki moto hidup, “Jadilah orang yang bisa dipercaya dan terpercaya”. Dengan menjadi orang yang dapat dipercaya dan menjadi terpercaya maka dimanapun kita berada, maka kita akan selalu mampu menjadi seorang pemimpin.

Oke, selamat bekerja Pak Sukmo, semoga lancar dan mampu membawa Pariwisata Indonesia makin “naik kelas” di mata dunia.

Baca Juga : Promosikan Wisata Lokal dengan Gelaran “Event” Daerah

Penulis : Dian Puspita Sari (Trippers.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *