Bukan hanya Pempek, Ini 5 Makanan Khas Palembang!

Trippers – Bumi Sriwijaya yang terkenal dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini memiliki salah satu ikon khas dalam bidang kuliner. Apa lagi kalau bukan pempek.

Kuliner yang berbahan dasar tepung tapioka dengan daging ikan giling ini menjadi kuliner ternama. Namun, tahukan Trippers, kalau Palembang tak hanya memiliki pempek sebagai makanan khas daerahnya loh. Ada banyak kuliner khas Palembang, mulai dari makanan ringan hingga berat.

Penasaran dengan kuliner khas Palembang lainnya? Yuk langsung kita simak!

1. Tekwan

Foto: doyanresep.com

Kuliner yang satu ini mirip dengan bakso, hanya saja bentuk tekwan bukanlah bola-bola bulat, melainkan kepalan adonan yang berbentuk acak.

Bahan dasar yang mirip dengan pempek, tekwan disajikan dengan kuah kaldu kepala udang, mie putih, jamur kuping, hingga sedap malam. Cita rasa gurih dan lezatnya kuah tekwan bikin kamu ketagihan.

2. Burgo

Foto: ksmtour.com

Sepintas kita akan teringat dengan kwetiaw rebus. Burgo terbuat dari tepung sagu yang dipipihkan lalu dipotong-potong. Burgo sangat sedap jika disantap dengan kuah gurih santan yang tercipta dari perpaduan rempah seperti kemiri, bawang putih, kencur, lengkuas dan lainnya.

3. Lakso

Foto: sejutarumah.id

Masih sekeluarga dengan burgo nih, Trippers. Lakso hanya berbeda bentuk dan kuahnya saja. Bentuk lakso adalah bulat memanang serupa mie tebal dan kuahnya merupakan kuah gurih kuning yang diberi daging ikan giling, sehingga saat menyeruput kuahnya, kita bisa merasakan daging ikan yang ikut masuk ke dalam mulut. Beuh…

4. Mie Celor

Mie khas Palembang ini merupakan mie kuning yang dibaluri ke dalam kuah santan kental dengan kaldu kepala udang. Sesuai namanya, mie celor dibuat dengan cara mie kuning dicelor atau dicelup langsung ke dalam kuah santannya yang gurih.

5. Godo-godo/Gudo

Foto: craftlog.com

Godo-godo merupakan makanan mirip bakwan, namun adonan godo-godo ini mirip dengan pempek namun menggunakan udang giling. Rasa gurih dan aroma udang yang lezat, membuat goo-godo menjadi hidangan pagi atau menjelang sore yang nikmat, apalagi kalau dicocol dengan kuah cuko.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *