Ayo Ramaikan Acara Pesona Invasion 2021!

PESONA INVASION 2021 merupakan acara pertama yang diselenggarakan oleh PESONA (Prasetiya Mulya Hospitality Business Student Association) berbasis kompetisi dengan bentuk rally games yang dilaksanakan secara online. Acara ini akan dilaksanakan pertama kali tahun ini dengan mengangkat tema Sustainable Tourism untuk meningkatkan kesadaran akan rusaknya lingkungan akibat pariwisata serta mengedukasi bahwa kegiatan pariwisata bisa tetap dilakukan dengan memperhatikan keberlangsungan lingkungan, dengan merebaknya fakta bahwa dewasa ini di Indonesia sendiri, banyak destinasi wisata yang terlalu dieksploitasi serta pelaku wisata yang tidak peduli akan lingkungan, salah satu contohnya adalah pembuangan sampah dan limbah yang tidak sesuai prosedur.

Acara PESONA INVASION 2021 hadir dengan kegiatan tour package business adna rally games competition serta talk show yang ditujukan kepada siswa-siswi SMA/SMK yang tertarik dengan jurusan Hospitality. Selain untuk memperkenalkan program studi Hospitality Business dari Universitas Prasetiya Mulya, acara ini juga ditujukan agar siswa/siswi mendapatkan pengetahuan lebih tentang hospitality dan tourism, dan juga mendapatkan pengetahuan tentang sustainable tourism dengan cara yang menyenangkan. Kompetisi ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa platform online yaitu Zoom Meetings, Google Meet dan disiarkan live stream di Youtube.

Tema yang diangkat dalam penyelenggaraan acara ini adalah “Journey to Sustainable Tourism” dimana acara ini membahas topik mengenai sustainable tourism yang terdiri atas empat sub-tema. Dengan adanya situasi pandemi seperti sekarang, sangat berdampak pada sektor pariwisata di Indonesia dan juga menekan aspek-aspek keberlanjutan untuk dapat beradaptasi dengan situasi ini. Maka dari itu, munculah ide nama dari acara ini yaitu “Journey to Sustainable Tourism” dengan maksud perjalanan yang akan ditempuh oleh para peserta di acara PESONA INVASION 2021 dengan mengupas tiap-tiap aspek dari sustainable tourism itu sendiri. Aspek-aspek tersebut adalah:

  • Aspek socio-cultural dimana peserta diajak menghargai masyarakat adat dan turut melestarikan budaya yang ada di sekitar tempat wisata.
  • Aspek environmental yang mengajak peserta untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar tempat wisata.
  • Aspek economic yang membawa peserta untuk dapat mengembangkan perekonomian daerah sekitar tempat wisata.
  • Aspek institutional untuk melihat bahwa pemerintah serta institusi juga berperan dalam upaya menciptakan pariwisata yang berkelanjutan.

Dengan demikian, seluruh masyarakat yang terlibat dalam acara ini dapat mengetahui pentingnya keberlanjutan pariwisata sehingga bisa membangkitkan kembali sektor pariwisata dan berupaya untuk dapat meminimalkan dampak negatif terhadap keberlangsungan hidup masyarakat di daerah sekitar tempat wisata.

Pre-event berupa talk show akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2021. Talk show ini akan dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dengan Streamyard yang akan dihubungkan dengan Live Streaming Youtube. Talk show bertemakan “Sustainable Tourism vs COVID-19” dan akan dibawakan oleh Ibu Dini Anggraeni Sirad selaku moderator, serta tiga orang pembicara yaitu:

  • Bapak Riko Reinarto yang merupakan Faculty Member serta co-founder dari Asta Mandala yang merupakan Sustainability Consulting Group,
  • Ibu Redempta Tete Bato yang merupakan Ketua Yayasan Sumba Hospitality Foundation,
  • Ibu Valerina Daniel seorang News Anchor, Communications and Sustainability Specialist, yang juga pernah menjadi penasihat pada program Sustainable Tourism Development di Kemenparekraf.

Setelah itu, main event PESONA INVASION 2021 akan dilaksanakan selama dua hari perlombaan. Yaitu 30 dan 31 Juli 2021. Perlombaan utama adalah perlombaan pembuatan paper mengenai tour package business dan live presentation, sedangkan untuk perlombaan tambahan akan dilaksanakan dalam bentuk rally games, yang merupakan rangkaian perlombaan dimana peserta harus menyelesaikan games pertama untuk berlanjut menuju games selanjutnya. Dalam konsep perlombaan PESONA INVASION tahun ini, para peserta diibaratkan sebagai bajak laut yang memiliki misi untuk menemukan empat potongan kunci yang berbeda agar dapat membuka harta karun yang ada melalui peta yang diberikan. Misi disini merupakan perumpamaan dari perjalanan peserta yang harus melewati tantangan dan rintangan serta mengetahui aspek-aspek penting untuk bisa meraih sustainable tourism.

Maka dengan diselenggarakannya acara PESONA INVASION di tahun ini, kami mengharapkan antusiasme siswa-siswi SMA/SMK/sederajat untuk ikut serta berpartisipasi, sehingga diharapkan dapat menambah wawasan serta mendorong semangat generasi muda untuk ikut berperan aktif dalam membangun pariwisata Indonesia. Untuk registrasi dibuka pada tanggal1 Juni 2021 hingga 10 Juli 2021. Informasi lebih lanjut, dapat langsung mengunjungi bit.ly/PESONAINVASION.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *