Gelorakan Semangat War ON DRUGS, BNN: Launching Kelurahan Bersinar 2021 di Pisangan Timur Jakarta

Badan Narkotika Nasional melalui Direktorat Advokasi Deputi Bidang Pencegahan BNN berkolaborasi gelar kegiatan “Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa Di Kelurahan Pisangan Timur yang diawali dengan Launching Kelurahan Pisangan Timur Bersinar 2021″.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Advokasi BNN, Drs. Jafriedi, M.M., dengan menegaskan bahwa tidak ada satu desa atau kabupaten kota yang dianggapnya terbebas dari masalah penyalahgunaan peredaran gelap narkoba. Oleh karena itu, dibutuhkan ketahanan yang kuat dimulai dari keluarga untuk penanggulangan masalah narkoba.

“Dengan digelarnya kegiatan ini menjadikan contoh kepada kelurahan lain agar dapat menjadi kelurahan bebas dan bersih dari narkoba. Launching ini bukan sekedar formalitas tapi menjadi tanggung jawab bersama, pemerintah kota serta seluruh elemen masyarakat saling bekerja sama dalam rangka memberantas peredaran gelap narkoba,” kata Direktur Advokasi BNN Jafriedi, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, pada Selasa (30/11).

Dalam keterangan resminya menyampaikan, bahwa kegiatan itu dilangsungkan di halaman kantor Kelurahan Pisangan Timur, Jakarta, pada Senin (29/11).

Di kesempatan itu, Camat Pulo Gadung, Bambang Pangestu memberi apresiasi BNN atas digelarnya kegiatan tersebut. Menurutnya, sosialisasi dan diseminasi sangat perlu untuk dilakukan agar masyarakat mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba.

Camat Pulo Gadung menambahkan, upaya BNN ini diharapnya tidak semata-mata hanya digelar di Kelurahan Pisangan Timur. Namun, mintanya kelurahan-kelurahan lain dapat melakukan hal serupa demi menyelamatkan generasi bangsa terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Menanggapi hal tersebut, Jafriedi menjelaskan, “BNN menjadikan program ketahanan keluarga sebagai garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan narkoba melalui penguatan sumber daya desa sehingga memiliki daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pihaknya akan berfokus pada penguatan ketahanan keluarga yang dilanjutkan pada tahun 2020-2024 yang orientasinya menyasar pada wilayah desa/kelurahan dengan menguatkan program Ketahanan keluarga berbasis sumber daya pembangunan desa sebagai bentuk implementasi adanya Desa Bersinar.

pariwisataindonesia.desabersinar2021
Gelorakan Semangat War ON DRUGS, BNN Launching Kelurahan Bersinar 2021 di Pisangan Timur Jakarta, Senin (29/11) – Foto: Ist

Sambungnya, kegiatan ini merupakan modifikasi antar program Desa Bersinar dan ketahanan keluarga Anti Narkoba yang dianggapnya perlu didukung semua pihak.

Di antaranya melakukan sinergitas dan menegaskan kembali komitmen dan sikap dari semua stakeholder seperti Instansi pemerintah, Institusi swasta, Lembaga Pendidikan, Organisasi Masyarakat/Kelompok Masyarakat untuk bergerak bersama-sama sejalan dengan slogan Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose yakni “WAR ON DRUGS” menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar).

Untuk itu, ia meyakini bahwa program tersebut dianggap sangat strategis dan patut dipriortitaskan terkait pihak BNN yang serius dan konsisten dalam menguatkan pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkotika disingkat P4GN dan Prekursor narkotika lainnya untuk Indonesia Bersinar.

“Kelurahan Bersih Narkoba ini dapat terwujud dengan strategi War On Drugs namun tetap dalam bingkai P4GN, di mana sesuai dengan tiga pendekatan Kepala BNN yaitu melaksanakan kegiatan Soft Power Approach, Hard Power Approach dan Smart Power Approach yang tentunya harus didukung oleh seluruh unsur terkait yang ada di Kelurahan Pisangan Timur ini khususnya,” pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan launching itu ditutup dengan “Deklarasi Bersih Narkoba” oleh seluruh jajaran Kelurahan Pisangan Timur dan perwakilan dari masyarakat. Kemudian, diikuti dengan penandatanganan Komitmen P4GN menuju Kelurahan Pisangan Timur Bersinar 2021, termasuk meresmikan Posko P4GN.

Di akhir keterangannya, juga menerangkan bahwa ke depan, program Intervensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba akan dilanjutkan dengan menggandeng seperti Forum Jumantik, Kader PKK Kelurahan Pisangan Timur, dan tim yang berasal dari Universitas Negeri Jakarta.

Turut hadir di acara tersebut, yaitu perwakilan Dirjen Polpum Kementerian Dalam Negeri, Walikota Jakarta Timur, yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Muchtar, Camat Pulogadung Bambang Pangestu, Lurah Pisangan Timur Muhammad Iqbal, Kepala BNNK Jakarta Timur, Hendrajit Putu Widagdo dan dihadiri pula sejumlah perwakilan masyarakat di Kelurahan Pisangan Timur. (Alex S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.