5 Tempat Paling Sunyi di Dunia

Trippers – Tempat-tempat menarik di dunia tidaklah harus ramai dan penuh hingar bingar manusia. Beberapa lokasi sunyi yang letaknya tersembunyi dari keramaian juga ternyata tak kalah indahnya dengan tempat lainnya.

Jika kamu memiliki karakter yang introver dan suka dengan kesendirian, mungkin kamu akan cocok berada di tempat-tempat ini. Inilah enam lokasi di dunia yang dianggap paling sunyi, mana saja?

1. Danau Moraine, Kanada

Foto : www.adventuretravel.co.id

Indah dan sunyi, dua kata inilah yang dapat mewakili keberadaan danau Moraine di Kanada. Menurut Worldatlas.com, danau Moraine terletak cukup jauh dari kawasan terluar pemukiman warga, dengan jarak sekitar 14 kilometer dari dusun atau desa Danau Louise.

Danau yang berada lebih dari 1800 meter di atas permukaan laut ini juga termasuk danau paling sepi dan sunyi di dunia. Danau ini cukup unik karena airnya yang berwarna biru kehijauan. Warna ini muncul akibat pembiasan cahaya yang dihasilkan dari batu-batuan halus yang telah terendap sejak zaman gletser.

Ada peraturan yang cukup ketat bagi wisatawan yang akan menikmati pemandangan danau Moraine. Jika kamu mengunjungi danau ini, kamu boleh saja memancing, namun hasil pancingan harus dilepaskan kembali. Berjalan di areal pegunungan juga diperbolehkan, dengan syarat menjaga kebersihan, tidak ribut, dan tidak merusak segala properti alam di sekitar danau.

2. Padang Moravia, Republik Ceko

Foto : serbaberita.com

Padang Moravia yang terletak di Republik Ceko merupakan salah satu padang paling indah dan sunyi di dunia. Padang luas ini juga dianggap sebagai padang ilusi karena banyak orang yang mengira gambar atau foto dari padang tersebut adalah hasil editan.

Faktanya, padang Moravia memang sering digunakan sebagai gambar wallpaper untuk gadget dan laptop yang tentunya sering kamu lihat di gawai milikmu. Dan satu lagi, padang rumput ini merupakan salah satu tempat paling sunyi di dunia.

Zaman di abad pertengahan dulu, Moravia merupakan kawasan kerajaan yang dihuni oleh warga Celtic dan kemudian Jermanik, seperti ditulis Britannica.com. Kawasan padang Moravia tidak berubah banyak sejak abad ke-4 Sebelum Masehi, dan kini padang indah tersebut masih menjadi padang rumput paling indah dan sunyi di dunia.

3. Air terjun Havasu, Amerika Serikat

Foto : firstaidkitkit.blogspot.com

Air terjun indah ini letaknya sangat tersembunyi, dan bahkan jika ada turis yang mengetahui letaknya, belum tentu ia akan diizinkan untuk masuk ke lokasi air terjun tersebut.

NPS (National Park Service) dalam laman resminya menulis bahwa areal ini memang ditutup untuk wisatawan. Selain kondisi tanah yang labil akibat banjir, lokasi ini dinilai berbahaya. Dikhawatirkan jika terjadi sesuatu, maka tak akan ada yang mengetahui karena kondisi lokasi tersebut yang memang benar-benar sunyi.

4. Kuil dan candi Bagan, Myanmar

Foto : www.civitatis.com

Di Bagan, Myanmar, terdapat ribuan kuil dan candi yang dulunya dibuat oleh rakyat Myanmar untuk pusat kegiatan religi warga dan pemerintah. Saat ini area Bagan dijadikan zona arkeologi Bagan, seperti diberitakan Go-myanmar.com.

Sebetulnya kawasan ini juga dijadikan kawasan wisata, dan ada banyak turis asing yang sudah mengetahui keindahan ribuan kuil Bagan tersebut. Namun karena sudah lama Myanmar identik dengan negeri yang tertutup terhadap orang asing, maka stigma tersebut masih melekat hingga kini.

Bahkan sebagian besar kawasan kuil Bagan dibuat tanpa akses umum, ini artinya memang turis asing sangat dibatasi untuk datang ke tempat ini. Hal itulah yang membuat ribuan kuil dan candi ini menjadi sangat sunyi dan cocok buat orang yang suka menyendiri.

5. Motuo, Tiongkok

Foto : www.idntimes.com

Motuo adalah desa paling sunyi dan terpencil di Tibet, Tiongkok, dan bahkan di dunia. Tempat ini sangat tersembunyi dan tidak memiliki akses yang menghubungkan Motuo dengan dunia luar.

Sebetulnya akses jalan pernah dibuat pada 1993 silam, namun kondisi medan yang tinggi dan liar membuat jalan tersebut hancur secara perlahan. Kini, Motuo menjadi salah satu desa paling sunyi, terpencil, dan terisolasi di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *