5 Kuliner Khas Sulawesi Barat yang Terkenal Enak

Trippers – Sulawesi Barat merupakan provinsi yang dikenal memiliki banyak daya tarik wisata. Diantaranya adalah Pantai Lombang-Lombang, Pulau Karampuang, Pantai Manakarra, Air Terjun Kalando, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki banyak sekali destinasi wisata, Sulawesi Barat ternyata juga memiliki aneka ragam kuliner khas yang tidak kalah menggoda selera. Karena itulah tidak heran kalau banyak wisatawan yang juga menyempatkan diri untuk melakukan wisata kuliner saat berkunjung kesana.

Nah buat kamu yang traveling ke Sulawesi Barat, jangan lupa ya untuk mencicipi kelezatan 6 makanan khas Sulawesi Barat berikut ini:

1. Bau Peapi

Foto : kumparan.com

Kuliner yang satu ini merupakan makanan khas suku Mandar, Sulawesi Barat. Bahan utama dari Bau Peapi adalah ikan tuna, tongkol atau cakalang. Hidangan ini menjadi makanan utama di Kabupaten Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.

Untuk membuatnya, ikan akan diolah dengan bawang mandar, kunyit, minyak kelapa dan asam mangga. Kuliner ini memiliki cita rasa asam dan gurih dan biasanya disajikan dengan Jepa (terbuat dari singkong).

2. Roti Pawa

Foto : www.tokomesin.com

Kalau melihat bentuknya, kuliner yang satu ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan bakpau. Namun tentu saja Roti Pawa memiliki perbedaan dengan bakpau, karena untuk membuat Roti Pawa tepung terigunya akan dicampur dengan tepung beras.

Pada awalnya Roti Pawa hanya memiliki isian kacang yang dicampur dengan gula merah dan gula pasir. Namun di Sulawesi Barat saat ini sudah banyak sekali varian isi dari Roti Pawa, diantaranya cokelat, kacang hijau, dan kelapa.

3. Kue Paso

Foto : www.pesonamandar.com

Kuliner yang satu ini biasanya muncul hanya pada saat bulan Ramadan saja. Dinamakan Kue Paso karena bentuknya yang menyerupai paku, yakni memiliki ujung yang lancip. Kue ini sangat digemari oleh masyarakat Sulawesi karena memiliki cita rasa manis dan legit.

Bahan utama untuk membuat kuliner yang satu ini adalah tepung beras dan gula aren yang dicampur dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelah matang, Kue Paso akan disajikan dengan tambahan santan kental di atasnya.

4. Bolu Paranggi

Foto : www.pesonamandar.com

Kuliner yang satu ini juga merupakan makanan khas suku Mandar, Sulawesi Barat. Bolu Paranggi termasuk jajanan yang mudah sekali didapatkan di sana. Walaupun berukuran sebesar kepalan tangan, namun kue ini memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang manis.

Bolu Paranggi biasanya berwarna coklat karena memang dibuat menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan gula aren.

Masyarakat di Sulawesi Barat sering menjadikan kue ini sebagai camilan di sore hari dan disantap dengan secangkir teh atau kopi panas.

5. Kue Tetu

Foto : cookpad.com

Satu lagi makanan khas suku Mandar yang sangat populer di Sulawesi Barat adalah kue Tetu atau kue perahu. Kue ini termasuk salah satu makanan berbuka puasa yang sangat digemari disana. Selain di Sulawesi Barat, kue Tetu juga bisa kamu temukan di Palu.

Kue Tetu terbuat dari tepung terigu, santan dan gula aren yang kemudian dibungkus dengan daun pisang, hingga menyerupai perahu. Setelah itu dikukus hingga matang. Kue Tetu ini memiliki cita rasa yang gurih, sedikit asin, dan manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *