5 Jenis Kurma yang Populer Selama Ramadhan

Trippers – Bulan Ramadan telah tiba, itu artinya umat Muslim di seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Ada banyak hal yang erat kaitannya dengan bulan puasa, salah satunya adalah kurma sebagai buah wajibnya.

Kurma merupakan buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Ada beragam jenis kurma yang dapat dipilih, hal tersebut tergantung terhadap selera atau pun jenis kurma yang tersedia.

Untuk kamu yang penasaran apa saja jenis kurma paling populer yang ada di dunia, berikut enam daftarnya!

1. Kurma ajwa

Foto : jatim.tribunnews.com

Dapat dikatakan bahwa kurma ajwa merupakan salah satu jenis yang paling populer untuk dikonsumsi, khususnya pada saat Ramadan tiba. Kurma manis yang berasal dari Madina, Saudi Arabia ini juga sering dijadikan oleh-oleh bagi para jamaah. Ciri-ciri kurma ini berukuran kecil dengan berwarna kehitaman.

2. Kurma mazafati

Foto : www.kurmakurma.com

Kurma yang satu ini memiliki kemiripan dengan kurma ajwa, yaitu warnanya yang kehitaman. Meski berwarna gelap, namun tekstur kurma ini sangat lembut dan berukuran sedang. Satu fakta unik dari kurma ini adalah jangka waktu penyimpanannya yang tahan dan awet hingga dua tahun jika disimpan pada suhu di bawah -5 derajat selsius.

3. Kurma halawi

Foto : jatim.tribunnews.com

Ada beragam jenis kurma yang dapat dinikmati dengan tekstur dan cita rasa yang berbeda-beda pula. Salah satu jenis yang mungkin paling digemari adalah kurma halawi yang memiliki cita rasa paling manis di antara jenis kurma lainnya. Tentunya tak heran bila jenis kurma ini cukup digemari untuk berbuka puasa.

4. Kurma thoory

Foto : blogs.insanmedika.co.id

Tak seperti kurma lainnya yang pada umumnya berasal dari Arab Saudi, untuk jenis kurma yang satu ini justru berasal dari Algeria. Tak sulit untuk membedakan jenis kurma yang satu ini, sebab dapat dilihat dari warnanya yang cokelat kemerahan, namun dengan tekstur yang agak lebih kering. Tak heran bila banyak yang cukup menggemari jenis kurma unik ini.

5. Kurma amer haji

Foto : medan.tribunnews.com

Untuk jenis kurma yang satu ini dapat dikatakan sebagai welcome kurma. Alasan mengapa jenis kurma ini memiliki panggilan demikian, sebab untuk jenis kurma yang satu ini biasa disajikan kepada tamu untuk sebagai jamuan. Tak heran bila kurma ini menjadi cukup populer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *