5 Wisata Batu Kapur di Jawa Timur

Trippers – Banyak daerah di Jawa Timur sekarang menggarap potensi wisata bukit kapur bekas aktivitas pertambangan kapur yang sudah tidak terpakai. Ternyata, bukit kapur ini menyugukan spot pemandangan bagus dan instagramable bagi wisatawan.

Berikut daftar wisata batu kapur di Jawa Timur yang keren banget.

1. Bukit Arosbaya, Bangkalan

Foto : www.pegipegi.com

Arosbaya merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Madura yang kini mulai ramai dikunjungi warga. Dulu lokasi wisata ini adalah sebuah tambang batu kapur biasa dengan banyak sisa pahatan di bukitnya. Walaupun tidak terbentuk secara alami, namun keindahan pesonanya sangat memanjakan mata.

Bekas pahatan sisa penambangan yang terdapat di bukit kapur justru menghadirkan keunikan tersendiri sehingga banyak orang yang berkunjung ke sini. Tak hanya keunikan bentuk pahatannya, warna Bukit Kapur Arosbaya yang menawan juga menambah pesona bukit kapur ini.

2. Bukit Jaddih, Bangkalan

Foto : www.inews.id

Foto-foto indah lokasi wisata Bukit Jadid di Bangkalan akhir-akhir ini membetot perhatian netizen. Foto hamparan kapur yang putih selaksa salju, kemudian pahatan indah dinding tebing bukit kapur, serta jalan berundak yang indah.

3. Batu Putih, Sumenep

Foto : www.sumekar.id

Sesuai dengan namanya, bukit kapur satu ini berada di Kecamatan Batu Putih, sekitar satu jam dari pusat kota Sumenep.

Beberapa pilar dengan tinggi sekitar 10 meter yang terbentuk karena proses penambangan bisa menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa menjadikannya sebagai latar untuk berswafoto. Kamu juga bisa menyaksikan Bukit Panjalin dari Pantai Bandur yang tidak jauh dari lokasi tersebut.

4. Bukit Kapur Suci, Gresik

Foto : www.javatravel.net

Bukit Kapur Suci ini bukan sekedar tempat hits buat swafoto saja, tapi juga cocok untuk short escape. Kamu bisa menikmati kolam dengan air biru kehijauan ketika musim penghujan.

5. Bukit Sekapuk, Gresik

Foto : voinews.id

Sempat menjadi lokasi tambang kapur dan pembuangan sampah, kini menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bukit Sekapuk ini tergolong wisata yang masih baru di Gresik, pasalnya dibuka untuk umum pada awal 2020 lalu. Lokasinya berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *