5 Tips Persiapan Pendakian untuk Pemula

Trippers.id – Hai Sobat Tripppers… Akhir-akhir ini, kegiatan mendaki menjadi hobi banyak orang. Dari mulai anak kecil hingga dewasa menyukai olahraga yang menantang adrenalin ini. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tapi tak sedikit juga yang belum begitu akrab dengan kegiatan yang satu ini.

Kebanyakan dari mereka yang masih newbie dalam urusan mendaki gunung memiliki motivasi lebih untuk mendaki karena mungkin ingin mecoba pengalaman baru yang penuh tantangan dan tak sedikit pula mereka yang dipameri foto-foto indahnya alam gunung dari teman-teman yang baru saja mendaki gunung sehingga mereka mempunyai keinginan untuk mendaki gunung setelah melihat foto mereka. Tetapi mendaki gunung agar bisa sampai puncak itu bukan perkara yang mudah

Mencari informasi gunung sebelum memulai pendakian sangat disarankan untuk mengetahui jalur pendakian yang akan dilewati, bisa baca-baca di internet atau minta pendapat teman yang sudah pernah mendaki sebelumnya.

Nah buat Trippers yang belum pernah mendaki dan ada rencana mendaki akhir pekan ini, setidaknya kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut agar pendakian pertamamu aman, lancar, dan menyenangkan:

1. Rutin Olahraga Sebelum Pendakian

Persiapan fisik

Persiapan fisik via https://goo.gl

Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang bugar. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga minimal sebulan sebelum pendakian. Olahraga yang biasa dilakukan biasanya jogging atau lari.

 

2. Membawa Barang yang Penting-Penting Saja

Logistik

Logistik via https://goo.gl

Mendaki gunung bukanlah piknik yang segala sesuatunya harus dibawa. Pilihlah barang bawaan dengan bijak. Selain hanya menambah beban tas, membawa barang secara berlebihan juga bisa menghambat pendakian

 

3. Mendaki Bersama Orang yang Berpengalaman

Bersama pendaki senior

Bersama pendaki senior via https://goo.gl

Alangkah baiknya jika pendaki pemula saat mendaki perdananya ditemani oleh rekan pendaki yang sudah berpengalaman, atau minimal ditemani oleh rekan yang sudah mendaki gunung sebelumnya.

Hal ini dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tersesat atau bahkan hilang

4. Cara Berjalan Ketika Mendaki

Langkah kaki

Langkah kaki via https://goo.gl

Ketika mendaki gunung juga tidak asal-asalan dalam berjalan, pastinya kamu tidak mau kan hal yang buruk terjadi pada kamu. Tips untuk berjalan di sulitnya trek gunung yaitu dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tetap fokus pada pijakan. Apabila kaki kamu kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kamu dalam proses mendaki.

 

5. Jangan Malu Meminta Berhenti Jika Capek

Break sejenak

Break sejenak via https://goo.gl

Sebagai pendaki pemula pastinya kemampuan dalam mendaki tidak seperti mereka yang sudah terbiasa dan berpengalaman, maka kamu tidak perlu malu berkata capek dan minta untuk berhenti sejenak. Dari pada dipaksakan untuk lanjut jalan malah tidak baik untuk kondisi badan.

Untuk weekend kali ini, gunung mana yang akan Trippers mulai taklukan?

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *