5 Tips Memilih Tas Untuk Traveling

Trippers.id – Saat traveling, kamu pasti perlu membawa pakaian dan kebutuhan lainnya selama di tempat yang kamu datangi. Ada beragam pilihan tas yang dapat kamu pilih untuk traveling. Dari beragamnya model dan tipe tas ini, kamu perlu menyesuaikannya dengan jumlah barang bawaan, sekaligus destinasi yang akan kamu tuju. Supaya mendapatkan pilihan tas yang tepat, simak 5 tips memilih tas untuk membawa pakaian saat traveling berikut ini.

1. Tipe tas yang sesuai dengan perjalanan

Tips memilih tas untuk traveling (Foto: Shutterstock)

Backpacker atau traveling dengan budget berlebih? Kedua hal tersebut dapat menjadi patokan tipe tas untuk membawa pakaian yang kamu bawa saat traveling. Jika kamu akan melakukan backpacker, kamu dapat memilih ransel dengan kapasitas yang sesuai dengan waktu menginapmu.

Selain ransel, kamupun memiliki dua tas jenis lain yang dapat digunakan saat traveling, yaitu duffel bag dan koper. Jika kamu traveling hanya selama beberapa hari saja, duffel bag bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Ukuran tas ransel ataupun koper

Tips memilih tas untuk traveling (Foto: Trendme) 

Setelah memilih tipe tas, ini saatnya kamu menentukan ukuran tas yang akan kamu bawa. Kamu dapat memilih ukuran tas sesuai dengan lamanya kamu bepergian. Untuk liburan selama satu sampai tiga hari, kamu dapat menggunakan tas berukuran 20-50 liter. Untuk waktu liburan yang lebih lama, kamu dapat menggunakan tas dengan kapasitas 60-80 liter.

Nah, jika kamu menggunakan koper, ada ukuran yang bisa menjadi patokan sesuai dengan waktu liburanmu. Koper ukuran 16 dan 20 bisa digunakan untuk perjalanan di bawah satu minggu. Biasanya berat koper maksimal mencapai 16 kg. Jika waktu perjalananmu lebih lama lagi, kamu dapat memilih koper dengan ukuran 24, 28 dan 32 yang memiliki kapasitas lebih banyak lagi.

 

3. Sesuaikan dengan tempat yang kamu tuju

Tips memilih tas untuk traveling (Foto: Trendme) 

Kamu dapat menyesuaikan tipe tas dengan tempat yang kamu tuju. Misalnya, jika kamu pergi ke wilayah urban, kamu dapat menggunakan koper beroda yang mudah ditarik. Jalanan yang cenderung datar akan membuatmu mudah membawa koper.

Hal ini juga akan memudahkan ketika kamu harus membawa koper dari bandara menuju lokasi penginapan. Namun, jika kamu pergi ke wilayah pegunungan ataupun tempat dengan jalan yang tidak rata, ransel dapat kamu jadikan sebagai pilihan terbaik.

4. Bahan tas yang sesuai

Tips memilih tas untuk traveling (Foto: Trendme) 

Bahan merupakan faktor krusial ketika kamu memilih tas pakaian untuk traveling. Koper ataupun ransel yang kamu bawa nanti kemungkinan harus masuk bagasi. Selain itu, tidak lucu rasanya jika barang bawaan terjatuh hanya karena kualitas tas yang buruk.

Untuk koper, kamu dapat memilih bahan polycarbonate berkualitas yang ringan. Bahan ini cenderung keras dan tidak mudah rusak jika terbanting. Bagi kamu yang memilih ransel, jangan lupa memilih bahan yang tebal dan anti air. Kalaupun tidak, kamu dapat membeli rain cover khusus untuk tas ranselmu.

5. Pilih lokasi pembelian tas yang terpercaya

Tips memilih tas untuk traveling (Foto: Trendme) 

Membeli tas berkualitas, kamu akan dihadapkan pada prinsip ‘ada uang ada barang’. Harga dan kualitas biasanya berbanding lurus, apalagi jika dibeli dari toko yang terpercaya.

Trippers dapat menemukan berbagai tas dengan harga murah di toko online, namun kamu perlu lebih jeli untuk mengetahui kualitasnya. Daripada membeli tas dengan harga rumah hanya karena alasan berhemat, lebih baik memperhatikan kualitas sebelum harga.

Tidak mudah untuk memilih tas untuk traveling bukan?

Wanz/Lana Syahbani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *