5 Tips Memilih Makanan yang Aman dan Sehat di Masa Pandemik

Trippers.id – Wabah virus corona membuat masyarakat mengalami perubahan perilaku gaya hidup yang lebih sehat. Terutama soal makanan sehat yang kini menjadi hal penting.

Terdapat beberapa kunci penting yang harus masyarakat ketahui mengenai makanan yang sehat dan aman. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Pentingnya gizi seimbang untuk mencegah penyakit

Kita juga perlu mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin untuk mendukung kekebalan tubuh kita. Misalnya makanan yang mengandung vitamin E seperti buah kiwi, alpukat, sayuran hijau ikan, dan telur.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan lainnya, juga diperlukan. Makanan beragam dengan gizi seimbang akan mendukung kekebalan tubuh kita.

2. Cuci tangan dan peralatan masak

Membersihkan semua makanan yang kita dapatkan sebelum dikonsumsi, karena kita tidak pernah tahu apakah ada droplet atau tetesan yang menempel di makanan tersebut. Selain itu, harus cuci tangan sebelum mengolah makanan dan sebelum makan.

3. Pisahkan bahan pangan mentah dan matang

Selanjutnya, memisahkan bahan makanan mentah dan yang sudah dimasak. Sebab, bahan makanan mentah bisa menjadi sumber bahaya mikroba yang menjadi penyebab penyakit. Jadi, disarankan untuk selalu dipisahkan.

Kita juga harus memisahkan peralatan masak, seperti pisau dan talenan, untuk memotong bahan makanan mentah dan matang.

4. Masak dengan benar

Dalam mengolah makanan, kita juga harus memperhatikan suhu yang digunakan saat memasak. Suhu menjadi hal yang penting karena dapat membunuh mikroorganisme.

Ada beberapa suhu yang perlu diperhatikan, seperti suhu paling rendah untuk memasak ikan atau daging adalah 63 derajat Celcius. Sedangkan, untuk mengolah produk panggang harus mencapai suhu 70 derajat Celsius.

Jika ada makanan sisa, upayakan mencapai suhu minimal 74 derajat Celsius saat dipanaskan. Sedangkan jika memanggang unggas atau hewani, harus menggunakan suhu 80 derajat Celsius.

5. Dinginkan sesuai suhu

Kunci terakhir dalam keamanan pangan adalah menyimpan makanan sesuai dengan suhu aman yang dianjurkan. Makanan dingin harus disimpan pada suhu dingin di kulkas, tepatnya dibawah 4,4 derajat Celsius.

Sedangkan untuk makanan frozen food, sebaiknya disimpan di suhu beku yang ideal yakni -18 derajat Celsius.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *