5 Tips Liburan Ke Pantai Agar Berkesan

Berlibur ke tempat wisata alam menjadi sebuah aktivitas yang mengajak kita untuk healing dari segala beban hidup memberatkan di kepala. Sebagian orang juga akan memilih berlibur ke pantai karena di nilai sebagai tempat wisata yang menenangkan sekaligus ramah lingkungan.

Manfaat liburan di pantai itu banyak sekali, lho. Selain membuat perasaan menjadi tenang, menghabiskan aktivitas di pantai juga dapat mencegah dari depresi dan menjadi sumber memperoleh vitamin D. Namun, terkadang ada beberapa pantai yang tidak sesuai ekspetasi kita dan pada akhirnya bukannya mendapat segudang manfaat, malah tertimpa beberapa masalah.

Gak mau ‘kan kejadian itu bakal menjadi nyata? Untuk mencegah insiden tersebut saat berlibur di pantai, simak terlebih dahulu sedikit tips di bawah ini.

  1. Telusuri beberapa pantai yang ingin kamu kunjungi

Meskipun termasuk hal sepele, tetapi menelusuri tempat wisata yang akan kita kunjungi itu sangat penting, lho. Hal ini bertujuan supaya saat kamu menghabiskan liburan di sana, waktumu tidak terbuang sia-sia.

Gak perlu mendatangi objek-objek yang akan dikunjungi, kita hanya perlu mencari tahu lewat aplikasi pencarian. Dalam hitungan sekejap, akan menampilkan beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang destinasi wisata tersebut.

Catat beberapa hal yang akan kamu lakukan dan yang tidak boleh kamu lakukan di tempat wisata. Oh iya, mencari tempat penginapan juga termasuk sesuatu yang penting. Setelah menghabiskan waktu di pantai, pastinya kamu butuh mengganti baju dan beristirahat sejenak, bukan?

  1. Sebelum memulai aktivitas, gunakan lotion tabir surya yang ramah lingkungan

Pantai merupakan tempat yang cocok untuk berjemur, tetapi seringkali kita lupa untuk memakai lotion tabir surya. Sediaan ini dinilai mampu menghalangi pengaruh cahaya matahari yang dapat merusak lapisan kulit.

  1. Pastikan kamu tidak membawa wadah makanan dan minuman yang tidak bisa diurai

Untuk mencegah dehidrasi, membawa minuman sendiri menjadi salah satu solusi yang tepat. Biasanya minuman kemasan akan selalu dibawa karena cenderung praktis, tetapi ketika minuman sudah habis, pastinya wadah minuman otomatis akan terbuang begitu saja.

Nah, langkah tersebut dinilai kurang baik bagi alam, lho. Sebaiknya kamu membawa minuman dengan wadah yang bisa diisi ulang. Gak cuma mengurangi sampah plastik, langkah ini juga menjadi #onestepgreen demi menjaga kelestarian alam di sekitar kita.

  1. Jangan lupa abadikan momen terbaikmu saat sedang di pantai

Habis liburan, pastinya kalian bakal membagikan keseruan di pantai dengan orang terdekat ‘kan? Supaya kerabat terdekatmu lebih antusias, kamu wajib mengabadikan momen liburanmu saat di pantai. Berbagi kebahagiaan dengan sesama itu indah. So, jangan pernah mengosongkan memori kamera digitalmu, ya.

  1. Bersihkan sampah di area pantai sebelum kamu kembali ke rumah

Meskipun kita tidak mengotori area pinggiran pantai, tetapi alangkah baiknya jika tangan kita mulai bergerak untuk mengambil dan mengumpulkan sampah. Limbah sampah perlu dipisahkan supaya sampah anorganik bisa di-recycle menjadi barang yang ternilai dan berguna, sedangkan sampah organik bisa dijadikan sebagai pupuk kompos yang ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *