5 Tips Liburan Bersama Orang Tua

Trippers – Ingatkah kamu sewaktu kamu masih kecil kamu pergi berlibur bersama kedua orangtuamu ke pantai, berjalan-jalan ke taman hiburan, atau sekadar ke kebun binatang?

Sekarang kamu sudah besar dan orangtuamu semakin tua, saatnya kamu sekarang menyenangkan kedua orangtuamu dengan mengajak mereka berlibur.

Tapi jangan samakan berlibur bersama mereka itu sama halnya dengan liburan bareng sahabat ya. Biar liburan bareng orangtua lebih nyaman, yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih kamar hotel dengan tipe connecting door atau family room

Kenapa lebih baik memilih kamar hotel yang memiliki fasilitas connecting door atau tipe family room daripada kamar biasa? Jawabannya karena hotel-hotel zaman sekarang menggunakan teknologi yang kemungkinan tidak dapat dimengerti oleh orangtua seperti menggunakan Echo Dot untuk mengatur alarm atau menyalakan pesawat televisi, dan sebagainya. Atau mungkin orangtuamu juga membutuhkan bantuan untuk mengoneksikan wifi hotel ke ponsel atau mengatur suhu air conditioner.

Tentu hal ini akan merepotkan kamu sendiri apabila harus bolak-balik antara kamarmu dan kamar orangtuamu untuk membantu mereka. Akan lebih efisien untuk menyewa kamar dengan fasilitas connecting door atau family room.

2. Pilih restoran keluarga dengan cita rasa makanan tradisional

Kamu harus ingat bahwa tidak semua makanan yang menurut kamu enak, itu juga enak menurut mereka. Mereka mungkin belum tentu cocok dengan makanan-makanan modern dengan cita rasa internasional yang biasa kamu makan.

Kamu juga harus berhati-hati karena biasanya para orangtua sangat sensitif dengan rasa pedas. Makanan yang menurut kamu tidak pedas, mungkin tidak begitu bagi mereka. Jangan sampai orangtuamu menjadi diare selama berlibur karena kamu ceroboh memilih makanan.

Untuk kamu yang memilih pergi berlibur bersama orangtuamu di dalam negeri, daripada kamu mengajak mereka makan di restoran Jepang atau Eropa, justru akan lebih baik kalau kamu mengajak mereka ke restoran-restoran keluarga dengan menu khas nusantara. Pasti orangtuamu akan lebih menyukainya daripada kamu ajak makan ke restoran Prancis dengan bahasa yang membuat mereka pusing.

Lain lagi kalau kamu dan orangtua berlibur ke luar negeri. Sebelum berangkat carilah informasi di mana restoran Indonesia atau Chinatown terdekat dari hotel tempat kamu menginap.

3. Jangan terlalu lama berjalan kaki karena orangtua lebih mudah lelah

Kamu mungkin kuat kalau harus menempuh jarak yang panjang dengan berjalan kaki. Apalagi apabila pemandangan sekitarmu sangat indah, pasti rasa lelah tidak akan terasa menghinggapi kakimu.

Namun berbeda dengan orangtuamu, mereka akan mudah merasakan lelah apalagi kalau cuaca terik. Jangan paksakan kalau orangtuamu ingin beristirahat sejenak. Justru temanilah mereka beristirahat dan sediakan minuman agar mereka bisa segar kembali. Sambil menunggu orangtuamu kembali pulih, kamu juga bisa berfoto bersama sambil menikmati suasana.

Sedikit tips, kamu bisa membelikan sepatu lari untuk orangtuamu. Memakai sepatu lari membuat badan menjadi tidak cepat lelah ketika harus berjalan-jalan. Tanyakan kepada penjual mana sepatu yang lebih cocok untuk kondisi orangtuamu.

4. Persiapkan obat-obatan

Untuk orangtuamu yang mungkin selalu meminum obat ketika di rumah, membawa obat adalah hal yang sangat penting ketika bepergian termasuk ketika kamu pergi berlibur. Persiapkan dengan baik dari rumah obat-obatan orangtuamu dengan cara membaginya per hari atau bagi untuk setiap kali minum. Belikan juga multivitamin agar mereka selalu segar selama menikmati liburan bersamamu.

Selain itu, hal yang paling penting lainnya yaitu ingatkan mereka untuk meminum obat setiap hari. Jangan sampai karena terlalu asyik berjalan-jalan jadi melewatkan waktu minum obat, ya. Kalau perlu, atur timer di ponselmu agar tidak lupa waktu karena mengajak orangtuamu berlibur berarti juga bertanggung jawab atas kesehatan mereka.

5. Jaket harus selalu dibawa

Mungkin kamu membawa jaket hanya pada saat cuaca dingin. Tapi ketika kamu berlibur dengan orangtuamu, kamu harus membawakan mereka jaket baik cuaca panas apalagi dingin.

Mengapa berlibur ke tempat panas tetap harus membawa jaket? Hal ini untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang tiba-tiba atau hembusan angin terus menerus yang dapat mengakibatkan orangtuamu menjadi tidak enak badan.

Ingatlah kalau orangtuamu sekarang tidak sekuat kamu. Mereka sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Selain jaket yang harus selalu kamu bawakan, kamu juga bisa menyiapkan minyak angin di kantong tas kamu untuk berjaga-jaga.

Nah, tips diatas bisa kamu keep untuk nanti liburan bersama keluarga saat pandemi berakhir Trippers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *