5 Tips Cara Belajar yang Efektif untuk Hadapi Ujian, Cobain yuk!

Trippers.id – Belajar adalah kegiatan utama yang harus dilakukan oleh para pelajar untuk dapat lulus dari masa studi yang sedang ditempuh. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam menyerap ilmu pengetahuan.

Untuk itu, cobalah beberapa cara belajar unik di bawah ini jika kamu ingin berhasil dalam menghadapi ujian.

1. Menyemprotkan Aroma Tertentu

Foto : kumparan.com

Cara yang pertama adalah dengan menyemprotkan aroma tertentu saat sedang belajar. Kemudian, saat ujian akan dilaksanakan, cobalah untuk menyemprotkan aroma yang sama.

Ini bermanfaat untuk menanamkan memori dalam otak tentang materi-materi yang sudah kamu pelajari saat itu.

2. Memakan Permen Karet

Foto : kumparan.com

Selain menggunakan aroma, kamu juga bisa menanamkan memori pada otak dengan cara mengunyah permen karet. Ketika hal tersebut terjadi, otak akan mengasosiasikan rasa permen karet dengan sesi belajar yang kamu lakukan.

3. Mendengarkan Audio Rekaman dengan Kecepatan Ganda

Foto : techno.okezone.com

Kalau kamu adalah orang yang lebih memahami pelajaran secara audio, maka cobalah untuk merekam sesi belajar saat di kelas dan dengarkan saat ingin menghadapi ujian! Jika kamu tak memiliki cukup waktu, putar audio dengan kecepatan ganda dan berulang-ulang.

Hal ini lebih efektif daripada kamu harus menghabiskan waktu dengan mendengarkan seluruh sesi belajar.

4. Membuat Rangkuman Rumus

Foto : hidupsimpel.com

Untuk pelajaran yang berbasis pada hitungan, kamu bisa membuat rangkuman seluruh rumus pada materi yang ingin diuji. Dengan menulisnya kembali, tak hanya membuat catatan menjadi lebih rapi, melainkan menanamkan memori di otak tentang rumus itu.

5. Menulis Semua Materi yang Sudah Dipelajari

Foto : southcoastherald.co.za

Sebelum mulai mengerjakan ujian, ambillah selembar kertas terlebih dahulu! Tulis semua materi yang sudah kamu pelajari. Selain jadi catatan untuk mengerjakan ujian, hal ini juga berfungsi sebagai latihan tambahan untuk menggenjot memori belajarmu.

Namun, pastikan bahwa pengawas ujian tahu bahwa catatan tersebut baru kamu buat di kelas saat ujian dan bukan contekan yang kamu bawa dari luar kelas.

Itulah beberapa cara belajar yang ternyata efektif untuk menghadapi ujian. Cobain yuk Trippers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *