5 Tips Berkemah yang Aman dan Nyaman

Trippers – Banyak orang mengisi liburan dengan berkemah atau piknik di suatu tempat. Selain bisa bersantai, pilihan ini tidak menguras kantong dan bisa bersantai. Selain murah, liburan dengan cara berkemah menjanjikan pengalaman seru. Hidup di alam bebas akan memberikan petualangan tersendiri.

Namun, sebelum berkemah di masa pandemi seperti saat ini, harus memperhatikan beberapa tips berikut ini, supaya punya bekal menghadapi situasi sulit saat di lokasi perkemahan.

1. Pergi berkemah dengan rencana yang matang

Foto : www.youtube.com

Jangan pernah pergi berkemah tanpa rencana yang matang. Selalu pastikan kamu membawa barang-barang yang dibutuhkan. Cek pula perkiraan cuaca di lokasi kemah. Kalau bisa, sebaiknya reservasi tempat terlebih dahulu. Pasalnya, di masa pandemik seperti saat ini, rata-rata tempat kemah membatasi jumlah pengunjung.

2. Membawa alat makan dan botol minum pribadi

Foto : phinemo.com

Berkemah memang identik dengan masak dan makan-makan di alam terbuka. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan alat makan dan minum pribadi.

Gunakan alat makan dan minum yang ringkas, ringan, dan mudah dibawa. Kamu bisa membersihkannya dengan tisu basah dan kering setelah selesai digunakan.  Namun, tetap lebih baik mencucinya dengan sabun.

Jangan lupa sampahnya dibuang pada tempatnya ya!

3. Hindari tempat berkemah yang terlalu ramai

Foto : www.perjalanannyaindah.com

Sebaiknya hindari tempat berkemah yang terlalu ramai. Jangan terlalu memaksakan, karena tempat kerumunan justru bisa meningkatkan risiko penyebaran virus corona.

Pastikan spot tendamu berjarak cukup jauh dengan kelompok lain yang juga sedang berkemah di sana.

4. Jangan lengah, selalu terapkan 3M

Foto : www.suara.com

Selalu terapkan 3M di tempat berkemah, yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, serta menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Protokol kesehatan 3M ampuh untuk memutus rantai penularan virus berbahaya.

5. Membawa hygiene kit

Foto : travel.kompas.com

Hygiene kit berisi “senjata wajib” yang dibawa selama berkemah. Isinya berupa hand sanitizer, disinfectan spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *