5 Tips Belanja Oleh-oleh dengan Cerdas

Trippers.id – Liburan rasanya kurang lengkap tanpa belanja untuk oleh-oleh. Biar nggak kalap dan kebobolan, simak dulu tips berikut ini.

1. Berburu info

Sebelum berlibur, cari tahu info mengenai daerah tujuan wisata kita lewat Internet, media cetak atau tanya teman. Coba cek berbagai tempat menarik, cenderamata khas, maupun tempat belanja yang murah meriah.

2. Atur bujet dan buat daftar

Ngaku, deh, kalau suka kalap melihat barang jualan bagus di tempat wisata. Atur dulu rencana pengeluaran maksimal kita, melalui dari penginapan, makan, sampai belanja. Masukkan masing-masing dalam amplop terpisah. Yang penting, kita harus disiplin menerapkan rencana tersebut.

Jangan lupa buat daftar siapa saja yang akan kita berikan oleh-oleh sebelum berangkat berlibur. Nggak pengen, dong, panik saat belanja, kelupaan membelikan oleh-oleh atau malah belanja berlebihan.

3. Waktu tepat

Pagi hari (saat toko baru buka) adalah waktu paling efektif untuk berbelanja. Dijamin lebih nyaman, waktu cukup panjang dan leluasa. Boleh juga berbelanja di malam hari, karenan nggak jarang penjual ‘banting harga’ saat toko mau tutup.

4. Awas kembar!

Hindari membeli barang yang juga ada di kota tempat tinggal jita. Lebih baik sempatkan diri membeli cenderamata atau makanan khas. Jika ingin membeli baju, pilihlah baju ber-orint atau bermotif khas daerah yang kita kunjungi tersebut.

5. Oleh-oleh aman

Oleh-oleh mahal nggak selalu membuat si penerima senang, tuh. Barang-barang sederhana dan handmade, seperti gantungan kunci, magnet kulkas, atau souvenir khas lainnya juga oke, kok, dijadikan oleh-oleh. Apalagi, nih, jika daftar oleh-oleh kitacukup banyak. Yang penting, niatnya, kan…

Sumber : Femina

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *