5 Tempat Wisata Keren di Probolinggo

Hampir semua orang mengenal mangga Probolinggo. Rasanya manis dan segar. Saat musim mangga bulan Mei-Oktober, mangga Probolinggo akan membanjiri pasar hingga ke Jakarta. Di Probolinggo sendiri harganya murah sehingga banyak yang membawanya sebagai oleh-oleh.

Probolinggo beriklim tropis dengan Curah hujan tertinggi pada umumnya terjadi pada bulan Desember, sedangkan hujan terendah terjadi pada bulan Agustus. Temperatur rata-rata terendah mencapai 26 °C dan tertinggi mencapai 32 °C.

Yuk simak 5 lokasi wisata keren abizzzzz yang ada di Probolinggo…

1. Pantai Bentar

Bila beruntung, pengunjung tempat wisata Probolinggo ini akan dapat melihat rombongan hiu paus di pantai bentar probolinggo
Pantai Bentar. Image via: wisata-nusantara7

Keindahan pantai tempat wisata probolinggo ini mampu membius setiap pengiunjung yang datang dan membutuhkan tempat untuk menghabiskan waktu liburnya. Suguhan kawasan ini memang esoktis dengan pesona laut yang luar biasa. Bahkan, banyak sekali titik spot yang bisa dimanfaatkan.

Sejuknya angin tidak lepas dari banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi. Pepohonan ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena, wisatawan bisa duduk-duduk santai dan menikmati segala potensi yang ada disini.

Pantai Bentar Probolinggo memiliki banyak wahana permainan. Tempat ini bisa dibilang sebagai surganya keluarga dalam berwisata. Keberadaan Permainan ini salah satu alasan mengapa banyak sekali pengunjung datang ke tempat ini.

Salah satu fasilitas pantai bentar adalah jembatan kayu yang memiliki pesona. Jembatan ini membentang panjang dengan sebuah gazebo yang dibuat dari serabut kelapa. Gazebo ini memang dibangun, agar pengunjung yang datang kesini mampu menikmati indahnya pemandangan probolinggo.

Bila beruntung, pengunjung tempat wisata Probolinggo ini akan dapat melihat rombongan hiu paus di pantai bentar probolinggo. Rombongan ini memang terkadang terlihat sehingga, menambah daya pikat kawasan pantai bentar.

Alamat: Jalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Kec. Gending, Probolinggo, Jawa Timur
Tiket: 4.000
Jam Buka: 08.00-17.00

 

2. Pulau Gili Ketapang

Pengunjung tempat wisata Probolinggo ini dapat menggunakan kapal motor kecil untuk sampai kesana.
Pulau Gili Ketapang. Image via: giliketapangadventure.com

Pulau Gili Ketapang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara pulau Jawa dan Madura. Pulau ini terletak 5 Mil di tengah laut dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Pengunjung tempat wisata Probolinggo ini dapat menggunakan kapal motor kecil untuk sampai kesana.

Ombak pantai di pulau ini cukup tenang, di lengkapi dengan hamparan pasir putih yang membentang luas, warna air laut yang nampak biru, serta warga setempat yang ramah membuat suasana Wisata pulau Gili Ketapang terasa sangat damai dan menyenangkan.

Karena lokasi nya yang agak sedikit sulit dijangkau membuat pulau cantik ini sangat sepi, alias belum banyak pengunjung yang singgah. Mayoritas penduduk yang menghuni pulau ini sebagian besar adalah keturunan Madura yang berprofesi sebagai nelayan.

Menurut legenda setempat, pulau tempat wisata Probolinggo ini dulunya menyatu dengan daratan Pulau Jawa. Kemudian secara gaib bergerak lamban ke tengah laut, karena gempa yang dahsyat akibat letusan Gunung Semeru. Nama Gili Ketapang berasal dari bahasa Madura, gili yang artinya mengalir, dan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut.

Alamat: Ketapang, Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur
Tiket: 90.000
Jam Buka: 08.00-16.00

3. Air Terjun Madakaripura

Air terjun madakaripura adalah tempat wisata Probolinggo berupa air terjun, yang memiliki pesona magis yang begitu kuat
Air Terjun Madakaripura. Image via: kumparan.com

Air terjun madakaripura adalah tempat wisata Probolinggo berupa air terjun, yang memiliki pesona magis yang begitu kuat. Pesona ini membuat siapa pun merasa penasaran dan ingin mengunjungi tempat ini.

Menurut cerita warga sekitar, patih gajah mada menghabiskan sisa hidupnya di tempat wisata Probolinggo ini. Bahkan, hingga patih itu meninggal. Dia tetap berada disini untuk merenungi apa yang telah dilakukannya.

Air terjun madakaripura memiliki ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl. dengan ketinggian ini, membuat suasana di sekitar air terjun begitu sejuk dan teduh. Siapa pun akan terhipnotis dengan nuansa yang berbeda dari air terjun yang lainnya.

Air terjun ini turun dengan bentuk pola aliran radial sentrifugal. Artinya, satu titik yang menyebar. Jadi, bila kita lihat lebih dalam, air terjun ini akan menyebar. Sehingga seperti air hujan. Mengesankan sekali memang. Apalagi, saat matahari mencoba menyinari kawanan air hujan ini.

Di sekitar air terjun terdapat sebuah pemandangan hijau yang menawan. Pemandangan hijau ini ada lantaran banyaknya air yang turun dari atas ke bawah. Sungguh, tempat yang mungkin cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto dan gambar.

Alamat: Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
Tiket: 08.00-19.00
Jam Buka: 5.000

4. Danau Ranu Agung

Danau tempat wisata Probolinggo ini menjadi habitat ikan mujair.
Danau Agung. Image via: play303news.com

Danau Ranu Agung memiliki kedalaman kurang lebih 40 meter. Danau tempat wisata Probolinggo ini menjadi habitat ikan mujair. Sehingga jangan heran jika pengunjung banyak melihat ikan mujair yang berenang dalam Danau Ranu Agung.

Danau Ranu Agung sangat cocok untuk liburan bersama keluarga teman dan pasangan atau pacar karena selain danau ranu agung memilki cuaca yang sejuk dan juga memilki view pegunungan yang snagat indah.

Danau yang juga dijuluki Ranu Tebing ini asal-usulnya adalah sebuah danau vulkanik yang terbentuk dari Gunung Lamongan yang masih aktif. Namun seiring berjalannya waktu, gunung tersebut sudah tak aktif lagi dan berubah menjadi sebuah danau yang indah dengan pemandangan eksotis.

Salah satu pemandangan yang mencuri perhatian di tempat wisata probolinggo ini, adalah adanya dinding bebatuan sepanjang 70 meter yang membentang di sepanjang Ranu Agung. Pemandangan tak biasa itulah yang menyedot banyak perhatian wisatawan untuk datang ke Ranu Agung.

Pengunjung juga bisa mencoba sensasi naik ayunan bambu dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Ranu Agung.  Bagi pengunjung yang ingin sekadar duduk-duduk sembari berfoto ria juga sudah disediakan fasilitas berupa tempat duduk untuk menunjang kenyamanan.

Alamat: Ranu Agung, Tiris, Krajan, Andungsari, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur
Tiket: 3.000
Jam Buka: 06.00-18.00

5. Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

BJBR termasuk salah satu tempat wisata probolinggo favorit.
Wisata Mangrove BJBR Probolinggo. Image via: hargawisataterbaru

Wisata BJBR Probolinggo atau yang juga dikenal dengan sebutan Mangrove Beejay Bakau Resort adalah sebuah wisata hutan bakau seluas 5 hektar yang terletak di pesisir pantai. BJBR termasuk salah satu tempat wisata probolinggo favorit.

Hutan bakau muara kali Banger ini pada mulanya adalah sebuah tempat kumuh yang dipenuhi dengan sampah. Berkat 3 pemuda brilian, tempat ini disulap menjadi sebuah tempat wisata yang eksotis. Apresiasi besar terhadap ketiga sosok tersebut karena telah mengubah sesuatu negatif menjadi sesuatu yang bernilai.

Pengunjung tempat wisata Probolinggo ini dapat berjalan jalan mengelilingi hutan mangrove melalui sebuah jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa. Suasana yang ada membuat pengunjung betah untuk berlama lama ditambah dengan semilir angin yang sangat sejuk. Juga terdapat bangku bangku kecil disetiap sudut belokan yang dapat digunakan untuk bersantai.

BJBR Probolinggo sangat bagus untuk dijadikan objek Fotografi. Keindahan pohon mangrove yang disertai dengan jalan setapak yang terbuat dari kayu, sangat pas untuk di jadikan latar belakang foto pra-wedding atau sekedar foto selfie bersama dengan pasangan.

Alamat: Pelabuhan PPP Mayangan, Wisata Primadona, Mangunharjo, Mayangan, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur
Tiket: 10.000
Jam Buka:08.00-22.00

Nah, Trippers pasti baru tahu beberapa spot wisata diatas kan? So… saatnya jalan-jalan ke Probolinggo!

(Wan)

 

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *