5 Tempat Wisata Hits di Tawangmangu

Tawangmangu yang merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, terletak di lereng sebelah barat dari gunung Lawu. Posisi geografis ini membuat Tawangmangu memiliki cukup banyak tempat wisata yang terkenal dengan udara yang sejuk dan dingin. Bahkan mayoritas dari penginapan di daerah wisata tersebut tidak menyediakan AC, karena udaranya sudah sangat sejuk.

Jika berada di daerah Karanganyar, berikut daftar rekomendasi tempat wisata terbaik di Tawangmangu yang paling hits dikunjungi wisatawan.

  1. Wisata Bukit Sekipan
Foto : investor.id

Gak kalah lengkap dan kekinian, ada Wisata Bukit Sekipan yang berlokasi di Jalan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu. Wisata ini juga menawarkan spot foto bernuansa miniatur dunia hingga photobooth tematik. Ada pula wahana bermain, seperti goa hantu dan kora-kora.

Buat kamu yang ingin menikmati seharian di sana, gak perlu khawatir. Villa dan penginapan tematik pun bisa kamu pesan untuk tempat menginap bareng keluarga. Ketika Sabtu malam, kamu bisa menikmati cahaya di Taman Lampion.

Kamu sudah bisa menikmati beragam wahana, termasuk 90 spot selfie hingga sepeda air dengan tarif sekitar Rp50.000. Sedangkan untuk tiket terusan, kamu perlu membayar Rp100.000. Paket foto studio dengan beragam tarif pun bisa kamu nikmati. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

  1. The Lawu Park
Foto : travel.kompas.com

Masih berada di sekitar lereng Gunung Lawu, ada The Lawu Park di Jalan Raya Tawangmangu-Magetan Kilometer 9, Gondosuli. Ragam fasilitas dan spot taman tematik yang cocok untuk berswafoto. Kamu juga bisa mengenakan kostum yang sesuai dengan tema taman, salah satunya kostum cowboy.

Permainan tradisional hingga penginapan pun bisa kamu sewa untuk acara keluarga. Seperti Forest Resor untuk pengunjung yang ingin menikmati waktu lebih lama di The Lawu Park. Harga sewa cottage sekitar Rp300.000, glamping mulai harga Rp500.000, dan super glamping Rp650.000.

  1. Taman Wisata Balekambang
Foto : travelspromo.com

Mau berswafoto berlatar landmark berbagai negara yang ikonik? Kamu bisa berkunjung ke Taman Wisata Balekambang. Ada miniatur beragam kajaiban dunia, beberapa di antaranya Gunung Fuji, Menara Pisa, hingga Patung Spinx.

Selain instagramable, tempat ini juga cocok untuk mengedukasi anak-anak. Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati, yakni kolam renang, wahana bermain anak, hingga outbond. Namun, kamu perlu membayar biaya tambahan untuk wahana dan penyewaan fasilitas outbond dan waterpark.

Berlokasi di Jalan Balaikambang, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu. Buka setiap hari, mulai pukul 09.00-17.00. Harga tiket masuk untuk Senin sampai Jumat sekitar Rp20.000 dan Rp25.000 saat weekend. Sedangkan tarif parkir motor Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

  1. Sakura Hills
Foto : kaltim.tribunnews.com

Mau foto estetik berlatar Jepang ala kearifan lokal? Sakura Hills menjadi destinasi yang tepat untuk kamu kunjungi. Bukan lagi berlatar Gunung Fuji, melainkan Gunung Lawu yang gak kalah memesona.

Ada taman bunga sakura, onsen, hingga ragam bangunan khas Jepang yang cocok sebagai spot foto. Kamu pun bisa menyewa pakaian tradisional Jepang, bahkan cosplay ala samurai. Makin berasa di Negeri Sakura kan?

  1. Tawangmangu Wonder Park
Foto : travel.kompas.com

Tawangmangu Wonder Park merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Karanganyar. Awalnya berupa resor camping yang telah ada sejak tahun 70-an. Kemudian diubah menjadi wisata berkonsep alam untuk segala usia, telah diresmikan sejak Desember 2020 lalu.

Selain menikmati kesejukan lingkungan sekitar, tentunya banyak spot foto instagramable yang gak ketinggalan. Salah satu spot favorit, yakni jembatan kayu dengan gardu pandang, disebut Wonder Bridge. Kamu bisa melihat Kota Solo dari sana, baik siang maupun malam. Ragam aktivitas pun bisa kamu lakukan, mulai camping, berenang, bahkan berkuda.

Tertarik untuk berlibur ke sana? Langsung saja menuju Jalan Ombang-Ombang Nomor 32, Blumbang, Kecamatan Tawangmangu. Buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Sedangkan harga tiket dibanderol mulai Rp20.000 per orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *