5 Tempat Wisata Bekas Tambang yang Estetik Banget

Trippers – Berdasarkan amanat UU No. 4 Tahun 2009 bahwa pengusaha tambang wajib melakukan reklamasi dan pascatambang. Namun siapa sangka areal yang dulu merupakan wilayah pertambangan ternyata memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Berikut ini daftar tempat wisata bekas pertambangan yang keren banget buat dikunjungi.

1. Tebing Breksi, Yogyakarta

Foto : liputanislam.com

Yogyakarta tak cuma kental akan wisata seni dan budayanya. Di sana juga ada bekas tambang yang diubah menjadi destinasi wisata instagramable. Di tempat yang disebut Tebing Breksi ini, berdiri dua buah tebing yang telah dilengkapi dengan anak tangga. Traveler dapat mendaki ke atas untuk menikmati pemandangan Kota Yogyakarta di arah barat dan berbagai candi seperti Prambakan, Boko, dan Barong serta Gunung Merapi di utara.

Selain itu, di dinding tebing itu terdapat relief wayang yang langsung dipahat oleh seniman lokal. Spot ini biasanya diburu wisatawan untuk dijadikan latar berfoto.

2. Danau Kaolin Belitung

Foto : www.dakatour.com

Danau Kaolin yang punya air berwarna biru toska dan dikelilingi tanah putih itu dulunya merupakan area tambang kaolin. Kini, wisatawan banyak yang datang ke sana untuk berfoto karena pemandangannya yang memang instagramble.

Danau Kaolin terletak di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung dan tepat di pinggir jalan sehingga mudah terlihat. Dengan area yang cukup luas kawasan ini sekarang diberi pagar bambu untuk keamanan pengunjung. Hal ini dilakukan agar pengunjung tak tergelincir dan tercebur ke danau saat asyik berfoto.

3. Bukit Jaddih

Foto : radarmojokerto.jawapos.com

Menjadi wisata andalan di Madura, Jawa Timur. Bukit kapur berwarna putih ini memiliki kolam renang di tengah yang menjadi daya tarik tersendiri.

4. Ranu Manduro, Jawa Timur

Foto : www.liputan6.com

Sempat viral pada awal 2020, Hamparan rumput hijau dengan batuan alam dan latar pegunungannya sungguh indah.

5. Bukit Jamur

Foto : surabaya.liputan6.com

Bukit Jamur yang terletak di Jawa Timur, adalah bekas galian tambang kapur seluas tiga hektare. Dibuka sejak awal 2020, banyak bukit menyerupai jamur yang estetik di sini.

Nah, Kamu tertarik mengunjungi yang mana nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *