5 Tempat Bersejarah di Maroko dengan Arsitektur Khas

Trippers – Maroko merupakan salah satu negara di Afrika Utara yang terkenal akan berbagai wisatanya yang begitu eksotis. Sedangkan salah satu kota menarik untuk dikunjungi adalah Kota Rabat, yang letaknya berada di pesisir Samudera Atlantik.

Selain itu, ibu kota Maroko yang menjadi kota terbesar ke tujuh di negara ini memiliki perpaduan bangunan kuno dan modern yang begitu mengagumkan. Sehingga terdapat berbagai tempat bersejarah yang ada di Rabat yang pastinya harus kalian kunjungi.

Buat kalian yang ingin berkunjung ke Maroko, maka harus tahu beberapa destinasinya berikut ini.

1. Andalusian Garden

Foto : commons.wikimedia.org

Pertama, terdapat Taman Andalusia yang merupakan salah satu bangunan menarik yang terdapat di ujung utara Rabat. Lokasi taman ini berada tidak jauh dari Kasbah des Oudaias yang berada di pinggir Sungai Bou Regreg. Bangunan ini dulunya merupakan istana yang dibangun ketika masa pendudukan Prancis di Maroko.

Taman ini menyimpan berbagai macam tanaman, seperti lemon, jeruk, pisang, dan berbagai tanaman semak serta bunga yang cantik. Selain itu bentuk bangunan taman ini juga sangat autentik khas bergaya Afrika Utara.

2. Chellah

Foto : afktravel.com

Chellah menjadi bangunan bersejarah unik berupa benteng yang letaknya berada di bagian selatan Kota Rabat. Benteng dan kota peninggalan muslim Necropolis di Rabat ini sudah ditinggalkan pada tahun 11 Sebelum Masehi dan kemudian dipergunakan oleh bangsa Romawi.

Bangunan ini terdiri dari tembok besar yang mengelilingi bangunannya dan terdapatnya puing-puing bangunan di dalamnya yang rusak disebabkan oleh gempa bumi pada abad ke 18 sehingga bangunan ini menjadi UNESCO World Heritage Site sejak tahun 2012.

3. Hassan Tower

Foto : commons.wikimedia.org

Hassan Tower merupakan bangunan bersejarah paling penting dan terkenal di Kota Rabat yang letaknya tidak jauh dari Sungai Bou Regreg. Menara ini sebenarnya adalah menara masjid yang sudah dibangun pada tahun 1195, serta dulunya digadang-gadang menjadi menara masjid terbesar di dunia.

Ketinggian menara ini mencapai 44 meter, di mana sebelumnya direncanakan mencapai 86 meter. Namun bangunan masjidnya masih belum selesai hingga kini. Tapi saat ini sudah dibangun masjid baru bernama Mausoleum of Mohammed V.

4. Kasbah of the Udayas

Foto : en.wikipedia.org

Kasbah of the Udayas adalah sebuah bangunan bersejarah menarik lainnya di Kota Rabat yang terletak di sebelah utara dan berada di pesisir Samudera Atlantik, serta tepat berada di sebelah Sungai Bou Regreg. Bangunan ini sudah didirikan pada masa Khalifah di Cordoba, Spanyol yang berkuasa pada abad ke 10.

Di samping itu, kasbah ini terdiri dari Masjid Tua, Oudayas Museum, serta tidak jauh dari Taman Andalusia. Destinasi wisata ini begitu populer bagi wisatawan karena gratis dan menghadirkan bangunan tua yang menakjubkan disertai pemandangan laut yang mengagumkan.

5. Ahl Fas Mosque

Foto : commons.wikimedia.org

Terakhir, terdapat Ahl Fas Mosque yang letaknya berada di pusat kota Rabat dan sudah ada sejak masa dinasti Alaouite pada abad ke 18. Masjid ini dibangun ditujukan bagi Mohammed ben Abdallah yang menjadi Sultan Maroko pada tahun 1710-1790. Serta sudah direnovasi beberapa kali hingga saat ini.

Bentuk bangunan ini begitu menarik dan memiliki arsitektur yang khas Maroko. Salah satu yang paling menarik adalah adanya pintu-pintu pada bagian depan, beserta berbagai macam ornamen yang khas.

Itu tadi kelima tempat bersejarah di Rabat yang pastinya gak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke Maroko. Kalau kalian mau berkunjung ke mana dulu nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *